Abu Alex berpesan : Pembangunan Rumah Duafa harus bangkit dari Kemiskinan di Aceh.

Spread the love

ACEH TIMUR | NUANSAREALITANEWS.COM,– Pembangunan rumah kaum duafa yang akhir-akhir ini marak di suarakan oleh berbagai elemen masyarakat, diyakini tak bisa memberantas kemiskinan yang ada di Aceh. Malah sebaliknya, banyaknya keberadaan rumah duafa semakin memperkukuh posisi kemiskinan di Aceh di mata publik nasional ini.

“Jadi kita jangan mempermalukan diri sendiri dengan mengukuhkan kemiskinan melalui banyaknya rumah kaum duafa. Kita harus rubah pola pikir bagaimana caranya agar rakyat bisa bangkit dari kemiskinan dengan perekonomian yang mapan. Sehingga kedepan tidak ada lagi rumah duafa di Aceh, ” demikian dikatakan Ketua GADAPAKSI Aceh, H.M Ali Abusyah atau yang akrab disapa Abu Alex, Senin (24/2/2020).

Dikatakan, demi memperjuangkan banyaknya rumah duafa di Aceh, ada elemen masyarakat tertentu di Aceh yang tega “menjual harga diri” dengan meminta bantuan Gubernur dari pulau Jawa untuk membangun rumah duafa di Aceh.

“Ini sangat miris. Aceh adalah daerah kaya tapi sebagian elemen masyarakatnya sendiri, tega mempermalukan Aceh di luar sana dengan aksi yang tidak pantas, hanya demi mencari popularitas semu,” ujar Abu Alex.

Menurutnya, alokasi dana Otsus yang telah lama di gelontorkan oleh Pemerintah Pusat untuk Aceh, seharusnya bisa membuat rakyat Aceh sejahtera jika para pemangku kebijakan di Aceh tidak terjebak dengan hal-hal yang tidak perlu. Pemerintah Aceh seharusnya fokus saja bagaimana upaya untuk mensejahterakan rakyat aceh. Terkait hal ini, faktor ekonomi yang sehat merupakan langkah penting yang harus di perkuat oleh Pemerintah Aceh untuk masyarakat yang ada di Aceh.

“Ya kalau mau berlomba-lomba bangun rumah duafa banyak-banyak, silahkan saja. Tapi itu tidak membantu mengurangi angka kemiskinan di Aceh. Malah dikhawatirkan akan membuat rakyat semakin tidak kreatif dan malas untuk memperkuat ekonomi keluarganya dalam upaya keluar dari zona kemiskinan,” katanya.

Dikatakan Abu Alex, dirinya bukan tidak setuju dengan pembangunan rumah kaum duafa di Aceh. Silahkan saja, asal daftar penerima manfaat bisa tepat sasaran dan tidak di korup. Tapi bukankah membangun ekonomi lebih penting daripada hanya sekedar membangun rumah duafa..?.

“Tahun anggaran ini, mari sama-sama kita fokuskan dana Otsus untuk kepentingan pembangunan ekonomi daerah, menciptakan lapangan kerja, sehingga kedepan rakyat Aceh tidak lagi perlu rumah duafa karena rakyat sudah mampu membangun rumah sendiri yang lebih berkelas. Dan hal ini juga akan mengubah status Aceh dari kemiskinan menjadi Aceh yang makmur dan sejahtera, demikian kata Abu Alex pada media. (Zal).