Banyak Wajah Baru di Pilkades Karawang, Bentuk Kecerdasan Masyarakat

Spread the love

KARAWANG | NUANSAREALITANEWS.COM, – Pilkades serentak pada tanggal 23 Februari 2020 di 45 Desa di Kabupaten Karawang telah selesai dengan masing-masing pemenang dari setiap desanya. Banyaknya wajah baru yang menggeser calon pertahanan masih menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat saat ini.

Komisi l DPRD Kabupaten Karawang Saepudin Zuhri, S.H berpendapat banyaknya wajah baru yang memenangi pilkades 2020 adalah bentuk cerdasnya masyarakat dalam memilih pemimpin dan bentuk ketidak puasan masyarakat terhadap Kepala Desa sebelumnya dalam pengelolaan Dana Desa baik dalam pembangunan infrastruktur, maupun dalam pengelolaan BumDes.

“Masyarakat sudah mulai cerdas dalam memilih seorang Pemimpin dalam segi sosial, dalam perilaku hidupnya, maupun dalam mengatur suatu organisasi” ucapnya. Selasa (25/2/2020)

Zuhri juga berharap Kades terpilih dapat bekerja dengan ikhlas, jujur, dan amanah dalam melayani masyarakat.

“Saya berharap Kades terpilih dapat bekerja dengan ikhlas, jujur, dan amanah melayani masyarakat, memberikan kemudahan dalam pembuatan KTP, KK, maupun akta kelahiran, Kades juga harus hadir dalam kegiatan masyarakat seperti Hari besar Nasional, maupun hari besar Islam,” pungkasnya.

Banyaknya dana yang masuk ke desa seperti DD, ADD, BanGub, dan DBH Zuhri rasa cukup untuk pembangunan desa jika dikelola dengan baik.

“Dalam segi anggaran yang masuk ke Desa saya rasa cukup jika dikelola dengan baik karna kalau dikelola dengan tidak baik sebesar apapun dana yang masuk ke desa tak akan ada cukupnya,” jelasnya.

Selain itu Zuhri juga berharap pemerintah pusat, Provinsi, atau Kabupaten agar selalu mengevaluasi kinerja Kades baik dalam pengelolaan anggaran maupun dalam membuat kebijakan dalam satu tahun anggaran. Untuk BumDes Dirinya juga berharap Inspektorat dan BPK agar mengaudit setiap tahun anggaran karena sering kali ada oknum Kades dan oknum Ketua Bumdes banyak menyalah gunakan anggaran tersebut. (EG/MK)