Direktorat Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Lembaga Perlindungan konsumen Nasional Indonesia Somasi Dinas Pertanian

Spread the love

TULUNGAGUNG | NUANSAREALITANEWS.COM – Direktorat Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Lembaga Perlindungan konsumen Nasional Indonesia melakukan Somasi Kepada Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura terkait dugaan tender Proyek yang tidak mencantumkan maupun menyebutkan Nama Pemenang tender.

Informasi yang dihimpun Media ini, LPKNI Perseroan yang beralamat di Jalan Wapoga 2, Komplek Perumahan Bunul Permai, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, melalui Kantor Di Tulungagung Dusun Sumber RT/RW;001/002, Desa Picisan, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Melayangkan surat Somasi kehadapan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tulungagung.

Dikatakan Direkturat BPSK LPKNI Pihaknya melakukan Konfirmasi mengenai Pelaksanaan Tender Paket yang meliputi, Kode Tender 2682449, Nama Tender Pengadaan Hand Tractor, Kode RUP 22543391, Nama Paket Pengadaan Hand Tractor, Sumber Dana APBD, Tanggal Pembuatan 2 Desember 2019, InstansiPemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung, Satuan Kerja DINAS PERTANIAN, Kategori Pengadaan Barang, Sistem Tender Cepat – Pascakualifikasi Satu File – Harga Terendah Sistem Gugur, Tahun Anggaran APBD 2019, Nilai Pagu Paket Rp 333.000.000,00, Nilai HPS Paket Rp 332.999.040,00, Peserta Tender 16 peserta.
Dari 16 peserta lelang/tender pengadaan Hand Tractor, tidak satupun yang masuk dalam catatan pemenang “ Masa dari 16 tidak ada sebagai pemenang, lalu siapa yang melaksanakan Pengadaan Hand Tractor pada Dinas Pertanian ? Ungkapnya dengan nada bertanya.

Menurut Direkturat Biro Penyelesaian Sengketa Konsumen LPKNI mengenai hal tersebut di atas merupakan Tugas pokok Fungsi LPKNI Perseroan yang berhak mengawasi peredaran barang dan Jasa di seluruh Indonesia, Karena lanjut sumber di atas, LPKNI
Disamping berbadan hukum juga didirikan berdasar UU No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan PP No.59 Tahun 2001 Tentang LPKSM, untuk itu melakukan Klarifikasi terkait:
Mengapa Tender tersebut di atas tidak mencantumkan Pemenang dan Pemenang berkontrak ? Sipa yang ditunjuk untuk mengerjakan /melaksanakan proyek tersebut ? Berapa Nilai penawaran yang mengerjakan ? Apa dasar hukumnya tender tanpa mencantumkan pemenang ? Bagaimana tanggapan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung mengenai hal tersebut di atas ? Apakah Proyek ini melibatkan keluarga Pejabat ?. (jik)