Desember 5, 2020

NUANSA REALITA NEWS

OTENTIK MENGUNGKAP FAKTA

10 Views

Gubernur SulSel Nurdin Abdullah dan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi Tinjau Jalur Kereta Api dari Udara

2 min read
Spread the love

MAKASSAR |NUANSAREALITANEWS.COM — Sabtu, 29 Februari 2020 di hari kedua kunjungan kerja Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi di Sulawesi Selatan didampingi Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah meninjau sejumlah lokasi di antaranya, Pabrik Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep dan pembangunan jalur Rel Kereta Api di Pelabuhan Garongkong, Kabupaten Barru. Mereka melakukaan peninjauan lewat udara menggunakan helikopter.

“Kita tadi melakukan peninjauan lewat udaran dengan menggunakan helikopter menelusuri dari Makassar, Maros dan Pangkep, Barru. Terus kita lihat juga pabrik Semen Tonasa,” kata Budi Karya Sumadi.

Budi menjelaskan tujuan dari peninjauan ini karena salah satu rute pembangunan rel kereta api di Sulsel yakni dari Pelabuhan Garongkong ke Pabrik Semen Tonasa.

“Kita memang akan menyelesaikan logistik dari Tonasa ke Barru di Garongkong atau sebaliknya.

Dari Garongkong mengangkut batu bata ke sana, terus sebaliknya dari Tonasa mengangkut yang sudah jadi,” sebutnya.

Ia pun menyampaikan apresiasi atas dukungan Gubernur Sulsel, Kejati Sulsel dan Bupati Barru dan Pangkep atas dukungan dalam pembangunan infrastruktur ini.

Ia menyampaikan kesepakatan yang ada bahwa akan dilakukan kerjasama pengelolaan dengan menunjuk BUMN.

“Saya sarankan boleh mayoritas tetapi harus mengajak swasta, baik swasta dalam negeri atau luar negeri,” ujarnya.

Dengan demikian ada dua bagian yang mengelola. Dirjen Kereta Api untuk mengelola kereta api dan Dirjen Laut yang mengelola pelabuhan.

Pemerintah sendiri mempercepat pembangunan Proyek Jalur Kereta Api (KA) Makassar-Parepare. Untuk segmen 3 lintas Kabupaten Barru hingga Kabupaten Maros.

Dengan kerjasama Pemprov Sulsel, Kejaksaan Tinggi Sulsel, Kanwil ATR BPN Sulsel, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Lembaga Manajemen Aset Negara, Pemkab Barru, Pemkab Pangkep, dan Pemkab Maros diharapkan akan selesai tahun ini. Baik itu untuk angkutan logistik maupun penumpang dengan lintas Tonasa ke Garongkong.

Dan tahun 2021 jalur kereta api Parepare – Makassar telah rampung”, tuturnya. (Joko S /Fikar)