KERJABAKTI PEMUDA PANCASILA PAC CIMAHI SELATAN RANTING MELONG BERSAMA WAKIL WALIKOTA CIMAHI

Spread the love

CIMAHI | NUANSAREALITANEWS.COM,- Kegiatan bersih-bersih aliran kali yang berada di wilayah Rw.01 Kelurahan Melong Sabtu (29/2/2020) diInisiasi oleh Pemuda Pancasila PAC Kecamatan Cimahi Selatan Ranting Kelurahan Melong bertujuan untuk mengurangi dampak banjir yang selama ini masih terjadi penyempitan kali akibat sampah dan kotoran.

Kerja bakti ini juga dihadiri oleh Wakil Walikota Cimahi Purn.Letkol Ngatiyana bersama Satgas Citarum Harum, Anggota Brigif 15 Kujang II Cimahi, serta Warga setempat RW.01 kelurahan Melong yang sangat antusias demi bersihnya wilayah mereka dan terbebas dari banjir yang selama ini menjadi masalah diwilayah tersebut,akibat hujan turun dengan sangat deras.

Dalam wawancara Wakil walikota menyampaikan bahwa Kegiatan kerjabakti aliran sungai ini sangat baik untuk menjaga kebersihan aliran sungai yang menjadi kewajiban dan tanggung jawab bersama, bukan hanya merupakan tugas pemerintah saja, melainkan peran serta warga untuk secara aktif membersihkan sungai, minimal untuk tidak membuang sampah ke sungai”,imbuhnya.

“Pembersihan kali ini sebagai langkah awal antisipasi terjadinya banjir pada saat musim hujan,” tegasnya.

Kerja bakti merupakan sarana kebersamaan antar warga guna membantu tercapainya kenyamanan, pembersihan yang bermanfaat bagi kepentingan seluruh warga.

Seperti yang dilakukan Pemuda Pancasila Ranting Kelurahan Melong bersama masyarakat Kelurahan Melong khususnya RW.01, Kecamatan Cimahi Selatan, bersama dengan Satgas Citarum Harum,Babinsa dan Kamtibmas Setempat. Mereka bersinergi melaksanakan kerja bakti bertempat di sepanjang saluran kali melong,Sabtu (29/02/2020).

“Pembersihan aliran kali ini bertujuan untuk mengangkat sampah dan rumput-rumput liar yang bisa menyumbat dan bisa mengakibatkan banjir,dan kegiatan ini juga sebagai contoh bagi yang lain tentang kepedulian terhadap lingkungan” ungkap Entis Sutisna (Akung) Ketua Pemuda Pancasila Ranting Kelurahan Melong.

Begitu juga menurut Cecep Irvan selaku RW.01 bahwa pembersihan aliran saluran kali ini sebagai langkah awal antisipasi terjadinya banjir pada saat musim hujan. Sehingga dilaksanakan kegiatan kerja bakti saluran kali yang banyak ditumbuhi tanaman liar dan terdapat tumpukan sampah. “Apabila aliran kali tersumbat di musim penghujan seperti ini, maka air akan meluap dan membanjiri wilayah kami”,tuturnya.
(Dewa,tim)