MUSIBAH LONGSOR RUSAK RUMAH MILIK WARGA DI KECAMATAN TALEGONG

Spread the love

GARUT | NUANSAREALITANEWS.COM,-
Akibat hujan yang terus mengguyur di wilayah Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut, Jawa Barat akhirnya menimbulkan musibah. Tanah longsor pun tidak bisa dielakan, seperti yang terjadi di Kampung Cipari, Desa Mekar Mukti, Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut, Jawa Barat ini satu unit rumah milik Asep Hendro rusak akibat bencana tersebut, Rabu(26/2/2020).

Berawal dari laporan salah seorang kepala dusun, “bahwa di kampung Cipari telah terjadi longsoran dari gunung Sangar ahkirnya sungai yang ada di kampung Cipari tersendat dan terbendung oleh lumpur dan pohon pohon yang tumbang, air naik ke permukiman warga. Atas kejadian ini, menimpa salah seorang warga kami,. Sementara fasilitas yang rusak diantaranya bangunan sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al Fajar, Pos Kamling dan lahan persawahan kurang lebih dua hektar. Ada beberapa rumah yang terancam sekitar 20 kepala keluarga, akses jalan pun ikut terhambat, namun berkat kesigapan seluruh warga jalan yang menghubungkan Desa Mekar Mukti Kecamatan Talegong dan Desa Gelar Wangi Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur bisa diantisipasi dengan cara bergotong royong membersihkan tanah dan pohon yang menutupi bahu jalan,” bebernya.

“Sementata, warga masyarakat yang terancam sudah dievakuasi di rumah Ketua Rukun Warga,” menurut kepala Desa Mekar Mukti Eli Armana.

“Dan saya berharap, kepada pemerintah, khususnya dinas terkait agar bisa turun ke lokasi bencana sekaligus memberikan bantuan kepada warga kami.

Dan untuk kedepanya, kata Eli,” menghimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati hati serta tetap waspada, alhamdulilah di Desa Mekarmuti sudah terbentuk Puskesos yang bertugas untuk mengantisipasi dan menangani bencana yang ada di desa kami ini,” pungkasnya.

Di tempat berbeda, saat ditemui Camat Kecamatan Talegong, Caca Rifai S.Pd.,M.Si yang didampingi beberapa UPT, Danpos Talegong Heri dan Kepala Puskesmas Wiwit yang langsung terjun ke lokasi bencana untuk membersihkan bekas longsoran tanah, acungkan jempol kepada masyarakat Mekar Mukti atas antusias gotong royongnya, sekitar 500 orang yang turun untuk bersama sama membereskan sisa longsoran tersebut, dan saya mengucapkan terma kasih serta mengingatkan untuk lebih berhati hati dan tetap waspada ditakutkan ada longsoran susulan,” jelasnya. (Nana/Abang Nas)

Berita Sebelumnya