Pendidikan Sebagai Investasi Pembentukan SDM, Kata Kader HMI

Spread the love

ACEH TAMIANG | NUANSAREALITANEWS.COM, – Pendidikan merupakan investasi yang penting dalam pembentukan Sumber daya Manusia (SDM), karena tanpa itu maka peningkatan ekonomi pada suatu daerah tidak akan terjadi.

Oleh karena itu, perlu adanya pemerataan pendidikan di Aceh, terkhususnya di Aceh Tamiang,” sebut Ketua Umum HMI Cabang Langsa, Boidatul Khoi, ST, pada saat diskusi publik, minggu (23/2/2020), di Marko Cofe Aceh Tamiang.

Dijelaskannya, salah satu cara pemerataan pendidikan di Aceh ialah dengan membangun infrastruktur pendidikan itu sendiri, maka HMI Cabang Langsa mendesak Pemerintah Aceh, khususnya Aceh Tamiang untuk mendirikan perguruan tinggi negeri di Kabupaten Aceh Tamiang.

Mantan Ketum HMI Cabang Medan periode 2017 – 2018, Angga Saputra, ST, menuturkan, senin 24/2/2020 bahwa untuk meningkatkan ekonomi Aceh Tamiang, perlu adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang produktif. SDM yang produktif itu hanya bisa diciptakan melalui proses pendidikan, tanpa pendidikan maka itu hanya omong kosong belaka.

Maka dari itu, perlu adanya peningkatan pendidikan terhadap masyarakat terkhususnya masyarakat di Aceh Tamiang, dalam peningkatan pendidikan ini pemerintah daerah maupun pusat memiliki peran yang sangat penting pula

Lanjutnya, peran pemerintah khususnya Pemerintah Aceh Tamiang salah satunya adalah membangun fasilitas pendidikan, karena fasilitas pendidikan yang memadai akan menunjang pendidikan yang lebih baik kepada masyarakat.

Bukan hanya itu saja, ketika fasilitas pendidikan dibangun di Aceh Tamiang, maka masyarakat yang kurang mampu untuk mengenyam pendidikan keluar daerah dapat melanjutkan pendidikannya di daerah sendiri, karena mereka tidak perlu harus jauh-jauh dan mengeluarkan banyak biaya dalam menempuh pendidikannya.

Maka solusi yang dapat kita ambil, untuk meningkatkan angka pendidikan salah satunya adalah dengan cara membangun infrastruktur dan fasilitas pendidikan mulai dari PAUD sampai dengan erguruan tinggi di Aceh Tamiang.

Pada kesempatan yang sama, Presedium KAHMI Aceh Tamiang, Juliansyah, S.Pd.I, M,Pd, mengatakan, bahwa adanya desakan upaya pendirian kampus mandiri secara permanen adalah sebagai langkah maju bersama.

“Pemda sudah melakukan ini. Adik adik mahasiswapun sudah mendukung. Jadi, harus ada keseriusan yang fokus oleh semua pihak demi mewujudkan harapan ini”, tandasnya. (Zainal).