Pengendalian Banjir Dan Pemeliharaan Drainase

Spread the love

TANGERANG | NUANSAREALITANEWS.COM,-Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang memiliki enam bidang yang salah satunya yaitu bidang Operasi dan Pemeliharaan yang dipimpin oleh Bapak H. Agus Sumarna, bertugas dalam pemeliharaan bidang kebinamargaan (jalan dan jembatan), sumber daya air dan saluran air/drainase.

Seksi Operasi dan Pemeliharaan Drainase (OP Drainase) mempunyai fungsi yang salah satunya adalah melakukan pembersihan sampah yang menyumbat saluran air/drainase dalam rangka pengendalian banjir dan pemeliharaan drainase. Pengumpulan sampah dilakukan secara manual hingga pekerja masuk ke dalam saluran. Seksi Operasi dan Pemeliharaan Drainase juga dapat melakukan penyedotan air dan lumpur dengan alat sedot.

Kegiatan OP Drainase rutin dilakukan langsung di lapangan. Cakupan kegiatan OPSDA antara lain Pembersihan sampah di saluran air Jl. MH Thamrin, Penyedotan air yang memenuhi Utility box di Jl. Kisamaun.

Seksi Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air (OPSDA) mempunyai fungsi salah satunya adalah melakukan upaya-upaya operasi dan pemeliharaan dalam rangka pengendalian banjir serta melakukan pengoperasian serta pemeliharaan dan rehabilitasi sarana irigasi sungai, danau, rawa dan bangunan pengendalian banjir.

Dalam skala perkotaan, permasalahan infrastruktur SDA tidak lepas dari sedimentasi lumpur saluran/sungai/embung/situ, masih banyaknya sampah rumah tangga dan gulma di saluran/sungai serta rusaknya turap bantaran saluran/sungai. Selain itu, seksi OPSDA juga melakukan pemeliharaan pada pintu air dan pompa banjir. Dalam konteks inilah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tangerang melalui Seksi OPSDA berperan untuk menangani, mengantisipasi dan meminimalisir dampak yang bisa terjadi dari permasalahan infrastruktur tersebut agar tidak meluas.

Kegiatan OPSDA rutin dilakukan langsung di lapangam. Cakupan kegiatan OPSDA antara lain Normalisasi Kali Mookervart, Pengangkatan sampah di Saluran Induk Tanah Tinggi BTT 3-5. Keberhasilan kegiatan OPSDA juga tak lepas dari kerjasama antar stakeholder, baik itu pemerintah dengan pemerintah maupun pemerintah dengan masyarakat.

Seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga sudah selayaknya masyarakat selaku individu dan kelompok juga turut serta mendukung kegiatan pemerintah.(Mrg)

Berita Sebelumnya