ASEP SOPYAN SAORI : KAMPUNG PANDAN CIPTAKAN EMAS EKONOMI KREAKTIF WISATA PANGANDARAN

Spread the love

PANGANDARAN | NUANSAREALITANEWS.COM,-
Kabupaten Pangandaran memiliki potensi sangat kaya, di samping memiliki destinasi wisata laut dan hutan juga memiliki potensi bidang sektor lain yang bisa mengangkat masyarakat sejahtera. Kekayaan alam yang sangat menunjang meningkatnya ekonomi kemasyarakatan harus dengan pengelolaan yang profesional dan SDM handal, banyaknya karya kreaktif seni anyaman dan aksesoris berada dipangsa pasar berbagai daerah, ternyata bahan bakunya berasal dari salah satu desa di kawasan Kabupaten Pangandaran. Sangat miris padahal pemilik bahan tersebut hanya melongo tanpa menikmati hasil hutan tersebut, Pangandaran dijadikan target emas yang akan dijadikan sumber komoditi para pengusaha, tanaman pandan dijadikan bahan anyaman salah satu komoditi kreasi masyarakat, pemasarannya kedaerah tempat lain bahkan ke mancanegara sudah banyak menikmati produck kreaktif bangsa berasal dari anyaman pandan.

Salah seorang pemuda kreaktif peduli terhadap lingkungan, atas dasar kepedulian itu sekarang mulai mempersiapkan lahan tanaman pandan untuk diproduksi kreaktif anyaman (01/03).

Anak muda kreaktif Asep Sofyan Saori mengungkapkan, Desa Ciparanti dan sekitarnya akan dijadikan hutan pandan, kami sudah mempersiapkan lahan seluas 10 Ha sudah ditanami pandan, pembinaan dan pelatihan terhadap masyarakat secara continue dilakukan, bahkan pembinaan bagaimana memproduksi karya seni kreaktif anyaman setiap saat selalu bersama sama. Kelak, kami tidak akan menjual bahan baku pandan keluar itu hanya memperkaya para pengusaha luar saja, sedangkan masyarakat kami hanya menatap dan bila membutuhkan dengan nilai tinggi. Itu menjadi kerugian bagi kita semua terutama para petani pandan,” ungkap Asep Sofyan Saori.

“Selain itu, kerajinan anyaman pandan akan dobrak pangsa pasar regional bahkan mancanegara kelak, karena kita menjalankan usaha masyarakat sudah berjalan dan dikenal. Kami secara bertahap di samping di lahan yang berada seputar Desa Ciparanti, akan dilakukan ke daerah desa lain dalam pengelolaan lahan tanaman budidaya pandan ,disamping itu akan dibuatkan Penangkalan Penyu nuansa pandan ,membuat galery buat marketing anyaman pandan ,pembuatan whock shop khusus pandan ,home stay konsep pandan ,semuanya agar para wisatawan lokal maupun mancanegara mudah untuk menikmati dan mendapatkan hasilnya ,pemasaran lokal dan mancanegara sudah kami persiapkan agar masyarakat pengrajin tidak mendapat kesulitan pemasarannya ,kami menampung produksi masyarakat yang siap dipasarkan ,sementara tanaman pandan ini dilakukan tanaman tumpangsari dengan tanaman pohon kelapa ,pembunuhan tetap kami lanjutkan untuk kebutuhan masyarakat.

Seraya menambahkan,” keberhasilan ini perlunya kerjasama dengan senua pihak termasuk masyarakat ,mau melakukan pembuatan kreasi anyaman untuk menambah pendapatan perkapita masyarakat menuju masyarakat sejahtera ,bagi pihak pemerintah baik kabupaten maupun pusat perlunya memberikan perhatian ,mulai dari berbagai sudut termasuk sarana prasarana untuk perkembangannya , terlebih kita memiliki destinasi wisata luas dan lengkap , produksi kreaktif pandan menujang wisata mendunia Pangandaran hebat ,kita perlu bersabar dan penuh keyakinan akan laju perkembangan perekonomian masyarakat ,dengan hutan pandan menjadi kampung pandan akan berhasil ,dengan pemerintah melakukan pembinaan secara continue,” pungkasnya.
(Rachmat)

Related posts