Badan Pusat Statistik Aceh Timur Gelar Rapat Koordinasi

Spread the love

ACEH TIMUR | NUANSAREALITANEWS.COM,-Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Aceh Timur, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) menjelang dilaksanakannya sensus penduduk Tahun 2020. Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) dilaksanakan di Aula Gedung Serbaguna Pendopo Idi, Aceh Timur, Selasa (3/3/2020).

Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H.M. Thaib, SH dalam sambutan dan arahan yang disampaikan Usman A, Rachman, SP, SH, MM Asisten Keistimewaan Aceh, Ekonomi Pembangunan setdakab mengatakan, sensus penduduk 2020 akan memanfaatkan data registrasi penduduk dari direktorat jenderal kependudukan dan pencatatan sipil (Dirjen Dukcapil) kementrian dalam negeri sebagai data dasar untuk pengumpulan data.

“Sensus penduduk 2020 akan dilaksanakan dalam dua priode, priode pertama dilaksanakan mulai tanggal 15 februari sampai dengan 31 maret 2020 adalah sensus penduduk secara online yaitu pengisian data kependudukan yang dilakukan secara mandiri oleh penduduk , melalui https://sensus.bps.go.id.

Sementara periode kedua dilaksanakan mulai tanggal 1 sampai dengan 31 juli 2020 adalah tahapan sensus penduduk wawancara yang meliputi kegiatan verifikasi dan pencacahan lapangan berdasarkan daftar penduduk hasil pengisian sensus penduduk online.

Katanya, pada kegiatan verifikasi lapangan, petugas sensus melakukan pengecekan keberadaan penduduk berdasarkan daftar penduduk hasil sensus penduduk online dan penyisiran ke lapangan bersama kepala dusun.

Sementara pada tahap pencacahan lapangan petugas sensus melakukan wawancara menggunakan smartphone dan kuesioner kertas kepada penduduk yang belum melakukan sensus penduduk online,” sebut Usman Rachman pada media Tandasnya .(Zainal).