Bekali Warga Melalui Budidaya Lebah Trigona

Spread the love

Aceh Tamiang | NUANSAREALITANEWS.COM,- Meningkatkan perekonomian masyarakat, KOMMKAT Berikan Pembekalan Budidaya lebah madu trigona bertempat di halaman Kantor Datok Penghulu Kampung Tengku Tinggi Kecamatan Bendahara, Aceh Tamiang, Rabu, (11/3/2020).

Kegiatan pelatihan tersebut di awali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an yang di lantunkan oleh Tengku Razali.

Camat Bendahara, Fakhrurrazi S.STP dalam sambutan pembukaannya mengatakan, bahwa madu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Diharapkan, kesempatan dapat di manfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat paparnya.

Jika usaha ini telah di kelola dengan baik, maka dapat di usulkan bantuan ke tingkat kabupaten bahkan ke tingkart peropinsi dan pusat nantinya.

Kemudian diharapkan ilmunya dapat di kembangkan kepada masyarakat lainnya sehingga dapat meningkatkan ekonomi.

Kiranya, para peserta dapat mengikuti pelatihan ini secara fokus dan serius sehingga ilmu yang di peroleh dapat sempurna, tandasnya.

Sementara, Danramil 04/Bdh Kapten Inf. Said Muhammad Al habsy mengatakan bahwa Pelatihan ini bukan hanya Serimonial saja tetapi Pelatihan ini adalah salah satu kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam rangka peningkatkan SDM terutama untuk meningkatkan Ekonomi bagi Kelompok Petani Lebah baik lagi.

Ditambahkannya, agar peserta pelatihan untuk dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan bertanya kepada Narasumber jika ada yang kurang jelas sehingga dapat dipraktekkan setelah pelatihan dan juga menyampaikan kepada masyarakat lainnya untuk ikut membudidayakan Lebah Madu Trigona ini harapnya.

Sementara, Datok Penghulu Kampung Tanjung Binjai, Azharuddin mengatakan, mengharapkan agar dapat mengembangkan potensi pelatihan tersebut dengan baik dan bebar.

Pelatihan ini jangan di jadikan hanya seremonial saja, kiranya dapat di kembangkan ke masyarakat, imbuhnya.

Kemudian, Datok Penghulu Kampung Tengku Tinggi, Arianto menyampaikan harapannya kepada peserta untuk serius dalam mengikuti kegiatan dan jika telah sepakat, direncanakan kedepan kegiatan ini akan di anggarkan melalui dana desa yang akan plot kan ke BUMK.

Dikesempatan yang sama, Kapolsek Bendahara, AKP. Asrul menyampaikan diharapkan kegiatan ini dapat terealisasi dengan baik dan dapat di terapkan kepada masyarakat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kepada peserta diharapkan untuk dapat mengikuti pelatihan ini dan dapat mencermati semua materi yang di sampaikan oleh narasumber, sehingga tidak gagal faham, ungkapya.

Pembekalan Budidaya lebah trigona atau Kelulut tersebut menghadirkan Dua orang narasumber dan di ikuti oleh 60 orang yakni untuk Kampung Tengku Tinggi sebanyak 45 orang peserta Sedangkan untuk Kampung Tanjung Binjai sebanyak 25 orang peserta dan di tambah panitia 10 orang.

Turut hadir dalam pelaksanaan pelatihan tersebut, Camat Bendahara Fakhrurrazi Syamsuyar S.STP, Danramil 04/Bdh Kapten Inf.Said Muhammad, Babinsa Koramil 04/Bdh Serda Muhammad Rochwan, Sekcam Bendahara Said Anwar SH.I, Ketua dan Pengurus KOMMKAT, Datok Penghulu Kampung Tengku Tinggi Ariyanto dan Kampung Tanjung Binjai Azharuddin, Imam Kampung, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan para peserta pelatihan tandasnya, (zainal)

Berita Sebelumnya