Berikut Isi Surat Edaran Bupati Langkat Tentang Pencegahan Corona Untuk Satuan Pendidikan

Spread the love

LANGKAT | NUANSAREALITANEWS.COM,-Kadis Kominfo Kabupaten Langkat Syahmadi memaparkan isi surat edaran Bupati Langkat No:440-571/Disdik/2020, tentang pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) pada satuan Pendidikan Kabupaten Langkat.

” Ada 15 point dalam surat edaran Bupati Langkat tentang pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) pada satuan Pendidikan Kabupaten Langkat,” ujar Syahmadi kepada NUANSAREALITANEWS.COM, Selasa (17/3/20).

Pertama, mengoptimalkan peran upaya Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dengan cara berkoordinasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan setempat dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19.

Kedua, memastikan ketersidian sarana untuk Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan alat pembersih sekali pakai (tisu) diberbagai lokasi strategis disatuan pendidikan. Ketiga, memastikan bahwa warga satuan pendidikan mengunakan saran CTPS (minimal 20 detik), pengering tangan sekali pakai sebagai mana mestinya dan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS).

Keempat, memastikan satuan pendidikan melakukan perbersihan ruang dan lingkungan satuan pendidikan secara rutin khususnya handel pintu, sakelar lampu, komputer, papan ketik (keyboard) dan fasilitas lainnya yang sering terpegang oleh tangan.

Kelima, memberikan kepada satuan pendidikan yang sakit untuk tidak datang disatuan pendidikan. Keenam, tidak memberlakukan hukuman atau sangsi bagi yang tidak masuk karena sakit, serta tidak melakukan kebijakan intensif berbasis kehadiran.

Ketujuh, melaporkan kepada Dinas Kesehatan, jika terdapat ketidak hadiran dalam jumlah besar karena sakit yang berkaitan dan pernafasan. Kedelapan, memastikan makanan yang disediakan disatuan pendidikan merupakan makan yang sudah dimasak sampai matang.

Kesembilan, mengingatkan warga satuan pendidikan untuk tidak berbagi makanan, minuman, dan alat musik tiup. Kesepuluh, mengingatkan warga satuan pendidikan untuk menghidari kontak fisik langsung (bersalam), cium tangan, berpelukan dan sebagainya.

Kesebelas, menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak orang atau kegiatan dilingkungan diluar satuan pendidikan (berkemah, study wisata). Keduabelas, membatasi tamu dari luar satuan pendidikan.

Ketiga belas, Ditengah Pandemi virus Corana saat ini, maka kegiatan pembelajaran disekolah mulai dari tingkat PAUD, TK, SD dan SMP diliburkan hingga 14 hari sekolah kedepan, terhitung rabu 18 Maret sampai 3 April 2020.

Keempat belas, kegiatan pembelajaran tepat ada, yakni dengan belajar dirumah, mengerjakan tugas (PR) atau secara online yang dilakukan oleh guru dan kelima belas, tidak tertutup kemungkinan akan adanya, perpanjangan waktu libur apabila terjadi wabah virus Corona di Langkat, ujarnya. (ST)

Keterangan Gambar;

Kadis Kominfo Kabupaten Langkat Syahmadi

Berita Sebelumnya