DRS. H. KUSDIANA, M.M. : PERAN CAMAT, DANRAMIL, KAPOLSEK, SAMPAI RT SANGAT PENTING DALAM PENANGGULANGAN VIRUS CORONA

Spread the love

PANGANDARAN | NUANSAREALITANEWS.COM,-Peran Camat sampai RT sangat mendukung dalam usaha pencegahan penyebaran virus corona covid 19 di tingkat bawah, hal ini disampaikan Sekda Kabupaten Pangandaran Drs H Kusdiana MM, Kamis, 26/3/2020, di Aula Setda.

Tugas stakeholder yang ada di kecamatan menjadi ujung tombak untuk menyampaikan setiap informasi yang disampaikan pemerintah Kabupaten Pangandaran.

” Kegiatan penangan covid 19 ini harus sampai pada masyarakat dan camat sangat berperan penting. Tugas camat diantaranya wawar menyampaikan informasi kepada seluruh masyarakat, penyemprotan dan informasi tentang pencegahan dan penangan virus harus sampai ke RT ” ujarnya.

Komunikasi sangat diperlukan untuk memantau terus keberadaan masyarakat, termasuk Orang dalam Pemantauan.

” Ini yang sangat penting untuk memberikan informasi kaitan pada titik kritis yaitu warga masyarakat Pangandaran yang kembali dari luar negeri ataupun dari daerah zona merah sehingga semua bisa terpantau dan tertangani dengan baik ” tambahnya.

Untuk mekanisme pelaporan dan pemantauan mulai RT, ke desa , ke kecamatan, puskesmas di bantu Babinkantibmas dan Babinsa.

” Untuk memantau menjaga dilapangan maka Babinkantibmas, dan Babinsa siap membantu” tegasnya.

Menurut surat edaran Bupati Pangandaran nomor 443/1012/SETDA/2020 tentang peningkatan kewaspadaan dan upaya pencegahan terhadap resiko penularan infeksi corona virus disease-19 (covid-19) di Kabupaten Pangandaran, peran RT, Kades, Puskesmas, Camat, Danramil, Kapolsek, Babinkantibmas, Babinsa sangat jelas dan penting

Ini tugas mereka yang tersirat dalam Surat edaran Bupati pangandaran, Setiap orang yang datang dari luar negeri dan luar kota wajib melaporkan diri kepada RT setempat.

Ketua RT mendata orang – orang yang datang dari luar negeri dan luar kota pada masa darurat covid 19 serta menyampaikan laporan ke desa dan puskesmas setempat

Camat, danramil kapolsek dan puskesmas berkoordinasi untuk melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah kerja masing masing. (Rachmat)

Berita Sebelumnya