Desember 5, 2020

NUANSA REALITA NEWS

OTENTIK MENGUNGKAP FAKTA

12 Views

Ketua LSM Gerhana Minta Polisi Selesaikan Insiden Sengketa Lahan di Lahat

2 min read
Spread the love

LAHAT | NUANSAREALITANEWS.COM,-. Rabu 25 Maret 2020 pukul 14.30 wib
Dua warga Desa Pagar Batu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, tewas. Lantaran terlibat konflik antara perusahaan Arta Prigel dengan warga. Korban tersebut, yakni Suyadi (35) dan Putra (40). Sedangkan dua warga lagi Sumarlin (38) dan Lion Agustin (35) hanya mengalami luka- luka.

Informasi yang dihimpun, kejadiannya sekitar pukul 11.00 WIB, Sabtu (21/3). Permasalahan terkait dugaan sengketa lahan yang sama- sama diklaim warga desa serta perusahaan.

Lalu, Sabtu pagi (21/3) puluhan warga yang mendatangi pihak PT Arta Prigel, menuntut lahan tersebut dikembalikan kepada warga. Sehingga terjadilah bentrok antara dua kubu.

“Ya dua korban tewas dan dua luka. Untuk kronologis kejadian masih dalam penyelidikan. Anggota masih di lapangan,” ujar Kapolres Lahat AKBP Irwansyah S.Ik MH CLA melalui Kasat Reskrim AKP Heri Yusman, Sabtu.

Atas kejadian tersebut Bupati Lahat Cik Ujang SH langsung mengecek korban dari warga yang masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Di tempat terpisah KETUA UMUM LSM GERHANA INDONESIA INUAR GUMAY ketika diwawancara oleh awak media tentang kejadian bentrokan warga masyarakat dengan perusahan PT ARTA PRIGEL yang menewaskan 2 warga Desa Pagar Batu,” Kami mengutuk keras atas peristiwa tersebut .

Kami minta Bupati Lahat Cik Ujang SH untuk segera membentuk tim investigasi agar rasa keadilan masyarat Desa Pagar Batu mendapatkan haknya atas tanah tersebut, serta meminta kepada KETUA DPRD Kabupaten Lahat agar memanggil Kapolres dan pihak perusahaan untuk menjembatin kepentingan masyarakat adalah hukum tertinggi,” tuturnya di Kantor LSM Gerhana yang beralamat Di Taman Kirana Surya Blok D04 No 09 Rt 02/08 Kelurahan Pasangerahan Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang, Prop Banten.
Inuar gumay selaku ketua umum lsm

Selain itu, Ia juga meminta pengurus Lsm Gerhana Indonesia DPD SUMSEL DAN DPK LAHAT untuk membentuk tim investigasi terkait persoalan bentrokan masyarakat dengan perusahan tegasnya.

(Andi Alamsyah)