KETUA UMUM LSM GERHANA AKAN USUT DAN LAPORKAN PT. FRANS PUTRATEX DAN PT. FRANS BROTHERS SEJATI (FBS) TERKAIT LIMBAH B3

Spread the love

SERANG | NUANSAREALITANEWS.COM,- 23 Maret 2020 pukul 09.00 wib. Cuaca ekstrem dan hujan lebat beberapa hari ini di wilayah Serang Timur dan sekitarnya sehingga mengakibatkan meluapnya Sungai Cibeurem. Meluapnya air dari sungai tersebut sampai menggenangi rumah-rumah warga dengan ketinggian sampai lutut orang dewasa.

Namun yang menjadi pertanyaan warga sekitar Kampung Cibeurem Sabraang, Desa Cikande, Kabupaten Serang, Banten, yang dekat dengan perusahaan PT. Frans Putratex, dan PT. Frans Brothers Sejati (FBS) air yang mengenangi rumah-rumah mereka berwarna hitam dan kalau lama berendam kulit terasa gatal gatal ke esokan harinya.

Menurut salah satu narasumber yakni seorang Tokoh Masyarakat Kampung Cibeureum Sabraang saat dikonfirmasi awak media mengatakan,” bahwa air yang membanjiri rumahnya, dan warga lainnya disini berwarna hitam, dan kalau lama berendam saja kulit terasa gatal gatal.

“Dugaan saya limbah cair ini dibuang sengaja oleh pihak perusahaan PT. Frans Putratex, dan PT. Frans Brothers Sejati (FBS) yang ada di sekitar rumah warga Kampung Cibeureum Sabraang ini. Harapan saya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Serang di Bidang Lingkungan Hidup (LH) agar segera mengecek dan turun ke lokasi kami. Kami selalu tersiksa, jika hujan turun pasti keesokan harinya air dari anak Sungai Cibeureum Sabraang tersebut berwarna hitam. Padahal kalau Sungai Cibeureumnya berwarna biasa kekecoklatan seperti air sungai lainnya,” tuturnya.

“Air yang berwarna hitam tersebut diduga dari air hujan yang sudah terkontaminasi oleh limbah cair yang dibuang oleh pihak perusahaan PT. Frans Putratex dan PT. Frans Brothers Sejati (FBS). Saya mohon kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang dan pihak-pihak terkait untuk menyelidikinya,” harapnya.

Di kantor DPN GERHANA INDONESIA yang beralamat di Taman Kirana Surya Blok Do4 no 09 Rt 02/08, Ketua umum LSM GERHANA INDONESIA akan melaporkan pencemaran limbah B3 yang ada di Kabupaten Serang kepada Dinas terkait . Karena sangat merugikan masyarakat setempat . Ketum LSM Gerhana Indonesia geram melihat perusahaan membuang Limbah B3 sembarangan .

Ketua Umum LSM Gerhana Indonesia Inuar Gumay meminta kepada KEPALA DINAS LINGKUNGAN HIDUP (LH ) Kabupaten Serang harus bertindak tegas kepada perusahaan yang membunag Limbang B3 Sembarangan. Kasian masyarakat setempat,” ujarnya.

“Informasi yang saya terima, diduga ada oknum perusahaan yang membuang limbahnya ke sungai tersebut. Memang benar, sudah lama warga Kampung Cibeureum Sabraang mengeluhkan bau dari aliran Anak Sungai Cibeureum yang berwarna hitam yang diduga ada yang membuang limbah cair dari perusahaan sekitar Kampung Cibeurem, apalagi kemarin Kampung Cibeurem Sabraang terkena banjir, terlihat jelas air yang mengenangi rumah-rumah mereka berwarna hitam dan gatal-gatal,” jelasnya.

“Pernah saya datangi beberapa waktu lalu perusahaan yang ada di sekitar Kampung Cibeurem Sabraang tersebut, yaitu PT. Frans Putratex dan PT. FBS, namun semua Staf HRD-nya tidak dapat dimintai keterangannya. Untuk itu, saya mohon kepada dinas terkait agar dapat membantu menyelidiki dan membina oknum dari perusahaan-perusahaan yang sudah sengaja ingin meracuni dan merugikan warga Kampung Cibeureum Sabraang ini,” pungkasnya.

(Tim)