Luar Biasa, Ini Cara Hadapi Virus Corona Versi Wabup Karawang!

Spread the love

KARAWANG | NUANSAREALITANEWS.COM, – Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 atau virus corona di Kabupaten Karawang, Wakil Bupati Karawang, H. Ahmad Zamakhsyari, S.Ag (Kang Jimmy) mengimbau agar masyarakat khususnya warga muslim Karawang rajin berwudhu dan melaksanakan shalat lima waktu.

Selain melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Wabup Jimmy menyebut jika berwudhu, selain untuk menjalankan solat lima waktu juga bisa dijadikan media cuci tangan dan bagian anggota tubuh lainnya dalam lima kali sehari.

Dijelaskannya, dengan cara berwudhu akan berpengaruh terhadap kebersihan diri. Karena saat berwudhu dianjurkan berkumur-kumur sampai membersihkan rongga hidung. Sehingga penularan bakteri atau virus melalui udara tentu akan melewati saluran nafas dan sangat mungkin bakteri atau virus banyak terdapat di lubang hidung atau mulut.

“Soal menjaga kebersihan, islam telah mengajarkan umatnya untuk selalu menjaga kebersihan. Misalnya dengan melakukan wudhu yang jumlahnya lima kali dalam sehari. Dan wudhu ini sebagai bentuk langkah menjaga kebersihan untuk mencegah penularan,” kata Wabup Jimmy, Minggu (15/3/2020).

Selain menjaga kebersihan tubuh, sambung Wabup Jimmy, masyarakat juga dihimbau untuk menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing. “Tak hanya tubuh, kita juga harus perhatikan lingkungan. Kan kebersihan sebagian dari iman,” ucapnya.

Namun demikian, Panglima Santri Karawang ini menghimbau agar masyarakat untuk tidak panik berlebihan terhadap wabah virus corona ini. “Karena setiap penyakit ada obatnya. So, masyarakat harus banyak bersholawat, banyak istighfar,” tandasnya. (M.Karya)

Related posts