Mandiri 8th Annual Sungailiat Triathlon 2020 Siap Digelar

Spread the love

BANGKA BELITUNG | NUANSAREALITANEWS.COM,-Kekayaan alam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menjadi magnet yang potensial untuk menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Data dari Dinas Pariwisata Babel menyebutkan selama enam tahun terakhir jumlah kunjungan wisata terus meningkat sekitar 9%. Terlebih sejak Tanjung Kelayang, salah satu obiek wisata di Bangka Belitung ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus oleh Presiden Joko Widodo pada Maret 2019 lalu.

Potensi pariwisata tersebut terus digaungkan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel untuk meningkatkan perekonomian daerah. Tercatat beberapa event pariwisata Babel yakni Toboali City on Fire Season, Festival Tanjung Kelayang, Sungailiat Triathlon, dan Jelajah Pesona Jalur Rempah. Ke-empat event tersebut merupakan bagian dari 100 atraksi yang lolos masuk Calender of Event (CoE) Wonderful Indonesia 2020.

Mandiri 8th Sungailiat Triathlon 2020 diantaranya merupakan kategori event sport tourism. Untuk kedelapan kalinya, Mandiri 8th Sungailiat Triathlon 2020 akan kembali digelar pada Sabtu, 11 April 2020 di Tanjung Pesona, Kabupaten Bangka.

Mulkan, Bupati Kabupaten Bangka mengatakan, sangat mengapresiasi event Mandiri 8th Sungailiat Triathlon 2020, karena event ini merupakan salah satu event sport tourism tahunan terbesar di Provinsi Babel yang memiliki keunikannya tersendiri. Keunikan inilah yang diharapkan dapat mengangkat dan mempromosikan kekayaan budaya lokal, sehingga dapat memacu industri pariwisata dan perekonomian Provinsi Babel dan sekitarnya.

“Mudah-mudahan kedepannya akan ada banyak lagi event-event besar kepariwisataan serupa,” ujar Mulkan saat Press Conference di Jakarta. Jum’at (06/03)

Pada kesempatan yang sama,
Thomas Jusman, Inisiator Sungailiat Triathlon menjelaskan, Sesuai dengan objektifnya mempromosikan pariwisata Bangka, kegiatan Mandiri 8th Sungailiat Triathlon 2020 akan dipusatkan di Tanjung Pesona. sepanjang area tersebut para peserta akan dimanjakan oleh hamparan pantai dengan pemandangan yang indah.

Selain itu, kata Thomas, terdapat beberapa objek wisata di sekitar lintasan lomba yakni Kuil Puri Tri Agung, Pagoda Bukit Rebo, Pantai Tikus Emas, Pantai Rambak, Pantai Teluk Uber dan Pantai Tanjung Pesona.

“Mandiri 8th Sungailiat Triathlon 2020 tentunya akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jumlah pesertanya jelas lebih banyak dari 2019. Untuk memeriahkan kompetisi, akan ada pawai budaya dan pameran UMKM Bangka untuk menghibur para peserta dan wisatawan yang datang,” terang Thomas.

Sementara menurut Panitia Penyelenggara Mandiri 8th Sungailiat Triathlon 2020, Budi Pamungkas, dari tujuh perhelatan sebelumnya, Annual Sungailiat Triathlon telah membuktikan menjadi sebuah sport tourism yang memiliki daya tarik tinggi. Triathlon telah Di tiap penyelenggarakannya, peserta yang ambil bagian tidak hanya dari kalangan atlet melainkan juga pencinta olahraga dari berbagai latar belakang profesi.

Disisi lain, Budi menambahkan, Mandiri 8th Sungailiat Triathlon 2020 juga melakukan community enggangement dengan beberapa komunitas lari seperti Triathlon Buddies Indonesia, BGR Triathlon Club dan Ul Triathlon guna menggaet peserta dan meningkatkan awareness kompetisi.

“Minat terhadap olahraga atletik terutama lari memang sedang tinggi. Hal ini karena gaya hidup sehat tengah menjadi trend di masyarakat urban. Itulah sebabnya kami juga menggandeng beberapa komunitas lari di ibukota. Untuk Mandiri 8th Sungailiat Triathlon 2020, panitia menargetkan total 500 peserta dari 18 negara,” papar Budi.

Lebih lanjut, Budi menambahkan, Perhelatan Mandiri 8th Sungailiat Triathlon 2020 akan mempertandingan dua cabang olahraga yakni triathlon dan duathlon. Para peserta nantinya akan memulai dengan start di Tanjung Pesona yang melintasi jalan pantai Rebo JI. Puri Triagung-JI. ST. 12-JI jenderal sudirman, kembali lagi ke jalan pantai rebo lalu akhirnya finish di Tanjung Pesona.

Selain itu, tegasnya, Cabang olahraga triathlon tahun ini akan mempertandingkan tiga kategori yang dibagi berdasarkan jarak tempuh sebagai berikut: Standart distance (renang 1,5km, sepeda 40km dan lari 10km) Standart dístance relay (renang 1,5km, sepeda 40km dan lari 10km) Sprint distance (renang 0,75km, sepeda 20km dan lari 5km). Adapun cabang olahraga duathlon akan mempertandingkan kategori sprint distance dengan jarak tempuh sepeda 20km dan lari 5km.

Di penyelenggaraannya kali ini, Rohan Hafas, Senior Executive Vice President, Corporate Relation PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, mengungkapkan, Mandiri terus konsisten berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sport tourism. Hal ini sejalan dengan misi Bank Mandiri untuk Peduli terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan.

“Kami mendukung kesadaran masyarakat terhadap gaya hidup sehat. Selain itu kontribusi terhadap event sport tourism juga akan membawa dampak positif pada pengembangan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat,” katanya.

“Registrasi Mandiri 8th Sungailiat Triathlon 2020 telah dibuka sejak 24 Februari-11 April 2020. Bagi para calon peserta yang berminat bisa melakukan pendaftaran langsung di https://sungailiat-triathlon.com/. Sementara untuk pengambilan race pack dapat dilakukan pada Jumat, 10 April 2020,” pungkasnya. (Jesy)