Mengatasi Covid-19 ” PWI Langsa Minta Pemerintah Salurkan Bantuan Sembako

Spread the love

Kota langsa, Aceh | NUANSAREALITANEWS.COM, – Sekretaris PWI Kota Langsa mendorong pemerintah setempat untuk dapat menyalurkan bantuan kemanusian bagi masyarakat yang terdampak penyebaran COVID-19 ini.

“Upaya pencegahan penting ini. Lain itu, pemerintah harus bisa mengantisipasi dampak sosial melalui penyaluran bantuan sembako dan lainnya kepada warga masyarakat kota Langsa ini,” imbuh Sekretaris PWI Kota Langsa, Munawar ST, Sabtu (28/3/2020).

Menurutnya, dengan adanya penyebaran COVID-19, membuat sebagaian masyarakat tidak dapat melakukan aktivitasnya sehari – hari seperti mencari nafkah berupa berpergian ke laut mencari ikan, keluwar daerah kerja bagunan, tukang becak, pekerja serabutan dan warga miskin sangat butuh uluran tangan pemerintah.

“Dengan adanya penyebaran COVID-19 di daerah kita, perekonomian masyarakat menurun drastis. Diperparah lagi dengan naiknya harga sejumlah kebutuhan pokok seperti gula, minyak makan , bawang merah, cabe dan sebagainya ,” urai dia.

Karenanya, Munawar mendorong pihak eksekutif dan legislatif untuk mencari formula agar bisa membantu perekonomian masyarakat kota kangsa , terlebih bila diberlakukannya portail lockdown atau seterilisasi kawasan lokal.

Selain itu, PWI Langsa mengimbau semua pihak untuk tidak menjadikan wabah Covid-19, sebagai ajang mencari panggung dan popularitas semata.

Melainkan, memberikan solusi kongkrit guna mencegah dan menanggani wabah virus yang kian merebak nya sudah di Aceh ini.

Tambahnya kagi Munawar, tak elok bila ditengah wabah yang sedemikian rupa, segelintir elit mengambil momen itu sebagai ajang pencitraan atau panggung mendulang popularitas saja.

“Elit politik harus peka. Wakil rakyat hendaknya mendorong pemerintah mencari alternatif pembiayaan terhadap bantuan sosial,” paparnya.

Misal, tambah Munawar, mengalihkan seluruh biaya kegiatan fisik yang tidak mendesak untuk biaya pencegahan dan penangganan Covid-19 ini.

Atau memangkas biaya perjalanan dinas pejabat dan dana aspirasi dewan, agar dapat membeli paket sembako sebagaimana arahan Plt Gubernur Aceh itu.

“Biaya sosialisasi lewat alat peraga lebih baik dialihkan pada pemanfaatan bantuan sembako, vitamin maupun masker kepada masyarakat kota Langsa ini,” tandas Munawar.

Meski diakui, sosialisasi pencegahan pendemi Covid-19 di Kota Langsa memang diperlukan. Namun, terpantau sejauh ini sudah maksimal dan hendaknya pemerintah mulai mengalokasikan program bantuan sosial.Inc-RH. tentunya lebih baik lagi supaya masyarakat kota Langsa tidak panik atau gelisah dengan wabah ini, kita akau bahan pokok itu ada tentu masyarakatpun agak tenang, tentu kalau perut kosong tentu kita gelisah kalau perut berisi tentu kita tenang sedikit tandasnya.(Zainal)