0 views

ORGANISASI MASYARAKAT DAYAK AGAR MENGAYOMI SEMUA PIHAK

Spread the love

SAMPIT | NUANSAREALITANEWS.COM, –
Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, berharap agar keberadaan seluruh organisasi masyarakat adat Dayak dapat menjadi contoh dan bisa mengayomi semua pihak di Bumi Habaring Hurung.

Secara umum tipikal masyarakat suku Dayak sebenarnya sangatlah bersahabat bahkan selalu terbuka bagi siapapun yang ingin menetap di Kotim asalkan selalu menjaga kerukunan, kedamaian dan senantiasa hidup berdampingan dengan suku lainnya.

Harapan tersebut disampaikan Sekretaris Daerah, Halikinnor, saat bertandang ke kantor Dewan Adat Dayak (DAD) Kotawaringin Timur, sekaligus menyerahkan mobil operasional untuk lembaga adat dayak tersebut. Halikinnor diterima jajaran pengurus DAD Kotim dipimpin Ketua Harian, Untung TR.

Untuk itu diharapkan organisasi masyarakat adat Dayak seperti LMMDDKT, DAD, Fordayak, Batamad, dan lainnya bisa menhadi pelopor bagi organisasi lainnya yang ada di daerah ini. Selain itu nantinya membuat kegiatan-kegiatan positif pagelaran kesenian seluruh organisasi masyarakat yang bisa menciptakan kesejukan bagi daerah ini.

Sementara Ketua Harian DAD Kotim, Untung, mengatakan pihaknya sepakat dengan pemerintah daerah yakni untuk selalu bergandengan tangan dan saling menghargai, namun diharapkan pula agar semua pihak menghormati kearifan lokal yang sudah ada sebab masyarakat Dayak sangat terbuka untuk warga pendatang.

Untung mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga kondisi daerah yang sudah kondusif. Masyarakat Dayak sangat terbuka dengan siapapun yang datang namun tentunya semua pihak juga harus menghormati norma-norma kearifan lokal yang sudah ada dan dijalankan masyarakat di daerah ini.

Pepatah bahwa dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung memang harus selalu dipegang, tentunya semua organisasi Dayak berupaya merangkul dan mengayomi semua pihak, dalam rangka menjaga kedamaian dan kerukunan di Kabupaten Kotawaringin Timur.(Ariyanto)