oleh

PELATIHAN MENULIS DAN DISKUSI LITERASI

Spread the love

WAYKANAN | NUANSAREALITANEWS.COM,-Pelatihan menulis dan diskusi literasi oleh tokoh literasi nasional Yoga Pratama dan owner penerbit mayor / penerbit nasional aura publishing Ikhsanudin, di rumah inspirasi km 5 Blambangan Umpu, Way Kanan, Senin 9/3/2020.

Tujuan diadakannya acara ini untuk meningkatkan potensi menulis di era revolusi 4.0 yang disebut kaum milenial.

Selain peserta diskusi, turut hadir pula perwakilan dari Polres Way Kanan yang membidangi Hukum dan Politik.

Di awal kegiatan diskusi itu dibuka langsung oleh Rina Marlina yang mewakili Bustami Zainudin anggota DPD RI Dapil Lampung.

Dalam pembukaanya itu, Umi Rina sapaan akrab masyarakat yang mengenali sosok wanita penuh talenta ini, menyampaikan,” kegiatan diskusi hari ini murni untuk memberi motivasi bagi peserta yang hadir, khususnya rekan – rekan media, agar apa yang menjadi materi penulisan dapat diminati oleh masyarakat luas,”terangnya.

Sementara itu Ikhsanudin, owner penerbit Nasional Aura Publishing mengatakan, kehadiran dirinya di Kabupaten Way Kanan untuk menumbuhkan penulis – penulis di go Internasional, pihaknya pun telah bekerja sama dengan salah satu distributor yang ada di Jakarta untuk mendistribusikan buku – buku yang telah mereka terbitkan.

Selain itu juga, dirinya ingin bersinergi dengan berbagai pihak agar potensi – potensi di daerah itu dapat diketahui masyarakat banyak, dan tidak hanya didokumentasikan dimedia online saja, tetapi lebih dari itu, yakni dibukukan sehingga potensi tersebut tidak dibiarkan begitu saja tanpa dikelola, jelasnya.

Dia berharap agar tulisan itu tidak hanya sebagai informasi, melainkan menjadi sebuah gerakan, sehingga tulisan itu tidak dibiarkan begitu saja, bahkan dapat menjadi sumber penghasilan bagi si penulis.

Contohnya saja buku yang telah beredar dengan judul “Berbagi untuk bangkit kembali,” buku itu diterbitkan dikala terjadi gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pada saat itu dia dan kawan-kawan meluangkan waktu untuk jalan – jalan dan menulis serta dituangkan dalam bentuk buku, lalu dijual kepublik dan sebagia bahkan hampir seluruh keuntungannya disumbangkan pada korban bencana di NTB.

Alhamdulillah buku itu disambut baik oleh Wakil Gubernur NTB kala itu, sehingha penjualan buku itu cukup bagus pemasarannya, dengan jumlah ribuan buku dicetak dan terjual, artinya tulisan tersebut dapat bermanfaat bagi orang banyak, sambungnya.

Ditempat yang sama, Yoga Pratama salah seorang literasi nasional, menceritakan pengalamannya dibidang karya tulis, meskipun dirinya lulusan dari pendidikan peternakan, namun lebih suka menggeluti ternak tulisan, buku, Website dan blog, jelasnya.

Awalnya dia masuk ke Kabupaten Way Kanan dalam rangka mengemban amanah dari produser ANtv Lampung untuk mengisi acara Panorama yang ditayangkan pada pukul 02 WIB malam.

Yoga pula menceritakan pernah menulis dan menerbitkan dalam buku tentang Kopi Way Kanan, karena selama ini basicnya untuk menulis di Novel dan Cerita Pendek (Focing).

Mantan wartawan disalah satu media harian di Provinsi Lampung itu, akhirnya menggeluti bisnis melalui website atau blog.

Seperti saat ini, dia memiliki blog tentang pertanian, ternyata apa yang ia tulis dibidang pertanian, dapat menambah penghasilan, misalkan saja, jadi apa yang dicari informasi tentang pertanian itu langsung masuk ke blog saya.

artinya bidang Listerasi tidak hanya baca tulis saja, tetapi dapat menambah sumber penghasilan, contoh nya saja bagaimana kita memberikan sebuah tips cara membuat kue, atau kuliner serta menulis tentang wisata yang ada di Kabupaten Way Kanan yang dikemas secara tersistem dan kita bisa memonopoli menjadi sisi bisnis, jelasnya.

Saat ini kaum melenial seperti pelajar SMA maupun Mahasiswa, hampir rata-rata berdagang melalui berbagai macam media sosial.

Nah oleh karena itu, rekan – rekan yang hadir saat ini bisa bermain di Google Capsen, dengan memiliki wibsite sendiri dan mendaftarnya digoogle, lalu belajar tehnik menulis, akhirnya tulisan itu ada dihalaman pertama Google, terang Yoga.
(Andri)

News Feed