0 views

Virus Corona Mewabah, Satgas TMMD Kodim 0104 Gelar Sosialisasi Kesehatan

Spread the love

Aceh Timur | NUANSAREALITANEWS.COM,- Kini virus Corona mewabah Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) gelar sosialisasi kesehatan masyarakat serta melalui Koordinator di Lapangan okeh Kapten Inf Agung B.S mengharapkan agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi ancaman virus Corona yang sedang mewabah di Kota Wuhan Cina dan telah menyebar ke beberapa negara lainnya di dunia pada saat ini juga bisa kita melihat di televisi, baca di koran serta di internet dan lain sebagainya .

Hal tersebut disampaikannya saat membuka acara sosialisasi kesehatan kepada masyarakat Dusun Leupon, Gampong Buket Kuta, Kecamatan Peudawa, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (19-03-2020) di salah satu menasah dusun leupon.

“Tambahnya lagi saya berharap setelah acara ini, para peserta sosialisasi yang hadir di sini kiranya bisa menginformasikan dan mengedukasikan ke masyarakat yang tidak dapat hadir agar kita dapat menyampaikan mengenai virus ini betapa bahayanya virus tersebut dan juga kita sampaikan juga cara Pencegahan nya seperti, kita harus memakai masker kalau mau keluwar rumah kalau mau makan kita cuci tangan dahulu pakai sabun serta dalam perkaragan rumah harus bersih serta paret yang tergenang air dibersihkan agar tidak membuat banyak sarang nyamuk dan sebagainya, “ucapnya.

Lanjutnya untuk itu cara mengantisipasi penularan virus tersebut sangat mudah, bisa dimulai dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Diantaranya, rajin mencuci tangan dengan benar tentu pakai sabun, dan air mengalir serta membersihkan perkarangan rumah dengan baik dan bersih kita selalu berdoa kepada Allah SWT selalu agar penyebaran penyakit virus tersebut tidak sampai ke Aceh ini kalau memang sudah sampai atau terkena semoga yang terkena semoga cepat sembuh, serta jangan lupa kita shalat lima waktu selalu kita laksanakan untuk mencegahnya kita mohon selalu kepada Allah agar kita semua ini sehat selalu Aamiin ya Rabbal Alamin .

Di samping itu Ketua Tim Sosialisasi dari Puskesmas Peudawa Khairul Anwar, Skm mengatakan bahwa, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meresmikan nama baru untuk virus corona, dari nCoV-2019 menjadi Covid-19 tentu ada apa ya…

“Tambahnya lagi Sejauh ini di Provinsi Aceh belum ada yang terkonfirmasi positif Covid-19” itu mudah – mudahan jangan ada, kita selalu berdoa agar penyakit ini terhindar dari Indonesia ini khususnya Aceh ujarnya

Kita himbau masyarakat agar tidak cemas akan penyebaran virus corona di Provinsi Aceh, khususnya Kabupaten Aceh Timur. Masyarakat pun diharapkan sepenuhnya mempercayakan pencegahan dan penanganan penyebaran virus ini kepada petugas kesehatan kesehatan sepenuhnya , tapi kita juga harus berdoa kepada Allah agar apa yang kita kerjakan ini selalu di kabulkanya.

Tentang menjawab keresahan masyarakat tersebut, dia menyebutkan, perlu adanya pencegahan yang serius. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terkait pencegahan dan penangananya jika ada yang terjangkit virus tersebut harus segera berobat ke puskesmas terdekat.

“Kami juga memberikan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat dengan selalu menekankan pentingnya mencuci tangan saat atau setelah bepergian dan juga ketika akan makan apapun bendanya harus cuci tangan tentunya terlebih dahulu, “jelasnya.

Selain itu Anwar juga mengucapkan banyak terima kasih kepada TNI khususnya Kodim 0104/Aceh timur, berkat adanya TMMD ke-107 ini, kami dari tim Kesehatan Kecamatan Peudawa kabuparen Aceh timur bisa sampai di Dusun Leupon, Gampong Buket Kuta ini. Dimana Dusun ini termasuk Dusun yang terisolir awalnya. Akan tetapi setelah Satgas TMMD membangunkan jalan yang dapat kami lalui seperti ini sudah baiknya, kami dapat sampai disini untuk mensosialisasikan kesehatan sampai ke Dusun pelosok desa seperti ini juga tentu banyak terimakasih semoga dengan adanya pisilitas jalan ini semua berjalan dengan lancar serta baik tandasnya.(Zainal).