Diduga Cemari Lingkungan, LSM Gerhana Indonesia Akan Adukan PT. Berkah Manis Makmur

Spread the love

BANTEN | NUANSAREALITANEWS.COM,-“Selain memiliki dampak positif terhadap perekonomian, Perkembangan industri yang sangat pesat pun memiliki dampak negatif bagi kehidupan masyarakat dan menjadi salah satu sektor penyumbang pencemaran lingkungan melalui limbah hasil produksi industri tersebut. Salah satunya PT. Berkah Manis Makmur yang berada di Desa Cikande, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, Banten.

Untuk itu, perlu pihak perusahaan memperhatikan mengenai analisa dampak lingkungan supaya tetap menjaga kelestarian lingkungan karena Pencemaran lingkungan dapat mengakibatkan terganggunya kesehatan masyarakat akibat dari bau menyengat zat kimia yang terus menerus terhirup sehingga terjadi gangguan Pada pernafasan, ungkap salah satu masyarakat yang menjadi narasumber pada hari, Kamis (2/4/20).

Di tempat terpisah, Ketua Umum LSM GERHANA INDONESIA ketika diminta komentar oleh awak media terkait tangapan pencemaran lingkungan ini mengatakan,” Lembaga Swadaya Masyarakat GERAKAN PEMBARUAN GENERASI INDONESIA ( LSM GERHANA INDONESIA) tidak akan segan melaporkan ke Kementerian Lingkungan Hidup maupun ke Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Banten untuk bertindak tegas kepada perusahaan yang telah melanggar pencemaran lingkungan serta memintanya untuk memangil pihak perusahaan PT. Berkah Manis Makmur, terlebih seringnya warga Perumahan Taman Cikande dan sekitarnya mengadu kepada kami,” ujarnya.

Adapun permintaan warga terhadap pihak perusahaan antaralain :

1. Pada proses pemurnian nira yang diendapkan akan menghasilkan nira kotor yang biasanya disebut ‘Blotong’ agar proses pengelolaanya tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap.

2. Bagaimana melakukan pengolahan limbah cair melalui penanganan di dalam pabrik (in house keeping) dan penanganan setelah limbah keluar dari pabrik, melalui Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

3. Supaya melakukan pengolahan asap dan debu yang langsung dibebaskan dari sumber dan yang baru terbentuk akibat antar-aksi dua atau lebih selama berada di atmosfer.

4. Sering terjadi banjir di Pemukiman Penduduk Perumahan Taman Cikande dan sekitarnya diduga telah terjadi penyempitan Sungai Cidurian akibat pembangunan Pabrik Gula PT. Berkah Manis Makmur.

5. Bagaimana cara mengatasi supaya warga Perumahan Taman Cikande dan sekitarnya tidak terganggu dengan suara mesin pabrik dan kesehariannya sering mencium bau tak sedap yang diduga dari perusahaan tersebut.

Namun hingga berita ini diturunkan, pihak pabrik belum dapat dikonfirmasi.

(Andi A)

Berita Sebelumnya