Kemenag Aceh Siarkan Live Streaming Pemantauan Hilal Awal Ramadan 1441 H

Spread the love

Banda Aceh | NUANSAREALITANEWS.COM,- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh akan menyiarkan langsung pemantauan hilal awal Ramadan 1441 H melalui channel YouTube “Kemenag Aceh sore ini, Kamis (23/4/2020). Pemantauan hilal ini dipusatkan di Pusat Observatorium Teungku Chik Kuta Karang, Aceh Besar.

Proses pemantauan hilal ini mulai disiarkan langsung pada pukul 18.00 WIB. Warga juga akan diberikan edukasi mengenai ilmu falakiyah yang akan dibimbing oleh ahli falakiyah Kanwil Kemenag Aceh.

Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Aceh, H Saifuddin mengatakan pada media , pemantauan hilal tahun ini hanya boleh dihadiri oleh 10 orang. Hal itu untuk mencegah penyebaran virus Corona.

“10 orang sudah termasuk para petugas pemantauan hilal dan undangan dari instansi terkait. Para petugas juga kita minta senantiasa mematuhi prosedur keselamatan dengan menjalankan physical distancing,” kata Saifuddin.

Tambah Saifuddin menjelaskan, para peserta baik petugas maupun undangan juga diminta menggunakan masker serta mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Para peserta juga akan diperiksa suhu tubuhnya sebelum memasuki area pemantauan hilal.

“Petugas yang merasa tidak sehat, maka secara tegas kami larang untuk mengikuti kegiatan rukyatul hilal ini,” ujarnya.

Selain itu, kata Saifuddin, instrumen pemantauan seperti teleskop, theodolite, atau kamera hanya boleh dijalankan oleh satu orang petugas dan dilarang menggunakannya secara bergantian.

“Alat tidak boleh saling pinjam pakai. Kemudian sebelum dan setelah pemantauan, seluruh peralatan wajib dibersikan dengan hand sanitizer,” tandasnya. (Zainal).

Berita Sebelumnya