Sosialisasi Pencegahan Virus Corona, LSM KPK Nusantara Datangi Minimarket di Batujajar

Spread the love

BANDUNG BARAT | NUANSAREALITANEWS.COM,- Di tengah merambahnya pandemik corona atau covid-19, Lembaga Swadaya Masyarakat KPK Nusantara Bandung Barat melakukan sosialisasi mengenai jaga jarak aman atau social distancing dan pencegahannya ke minimarket-minimarket yang ada di Batujajar.

Kegiatan sosial itu pun menuai banyak pujian dari masyarakat yang pada umumnya adalah pengunjung minimarket.

Kegiatan yang didukung penuh oleh Muspika Batujajar itu, memfokuskan sosialisasinya pada managemen pengelola minimarket agar menyediakan hand sanitizer atau tempat mencuci tangan. Malah, KPKN pun meminta agar pengelola minimarket menyediakan masker gratis bagi pengunjung dari donasi yang selama ini diminta sebesar Rp100 – Rp200 tiap orang.

Ditengah kegiatan sosialisasi, anggota KPK Nusantara Bandung Barat Rizal Bunyamin meminta agar kasir-kasir minimarket memakai sarung tangan karet dan menggunakan masker.

“Pada intinya ini adalah bentuk kepedulian sosial. Saya hanya menindaklanjuti pesan dari Pak Camat, Koramil, dan Kapolsek, agar pengelola dan kasir minimarket menyediakan hand sanitizer untuk pengunjung. Dan ternyata kasirnya juga banyak yang tidak pakai masker dan sarung tangan. Tapi alhamdulillah besok mereka akan segera mengimplementasikan imbauan kami,” jelas Rizal, Rabu, (01/04/2020).

Disamping itu, kata Rizal, Camat, Koramil, Polsek, dan Kepala Desa merasa terbantu dengan kegiatan KPK Nusantara. Malah kegiatan ini akan diserukan pada LSM lain untuk membantu para Muspika atau Muspida mensosialisasikan pencegahan virus corona atau covid-19 ini.

Sedangkan Ketua DPC KPK Nusantara Bandung Barat, Gun Gun Ekasapta atau biasa disapa Gege menegaskan, pada intinya KPK Nusantara peduli pada dampak virus covid-19 dimasyarakat. Karena dampaknya sangat mematikan bagi masyarakat yang tertular virus corona.

“Setelah kami survey, baru hanya sebagian pusat perbelanjaan dan minimarket yang melaksanakan tindakan preventif dengan menyediakan hand sanitzer. Sisanya masih banyak yang belum. Maka untuk itu kami sosialisasikan pada mereka,” tandas Gege.

Dia pun menegaskan agar pusat perbelanjaan menyediakan masker secara cuma-cuma untuk masyarakat yang sulit membeli karena kelangkaan barang.

“Malah di Subang ada karyawan minimarket yang harus membeli masker sendiri. Ini kan tidak lucu. Mereka (minimarket) jangan hanya meraup keuntungan saja, tapi juga harus peduli pada keselamatan pengunjungnnya. Tolong sediakan masker untuk pengunjung!” pungkasnya.

Sedangkan Murni (39) warga Desa Galanggang mengatakan, bahwa dia merasa tenang dengan kegiatan yang dilaksanakan KPK Nusantara. Dia merasa ada yang mewakili kepentingan masyarakat untuk menyampaikan pengaduan pada pihak minimarket.

“Kalau saya sendiri yang menyampaikan, pasti tidak akan didengar sama mas penjaga minimarket-nya. Mudah-mudahan kegiatan ini diikuti sama LSM yang lain,” ujar dia.

(asmr)

Related posts