UPTD Puskesmas Teluk Lecah Tetap Berikan Pelayanan Kesehatan

Spread the love

BENGKALIS | NUANSAREALITANEWS.COM,-“Meski kasus virus corona kian merebak, kami tetap melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Rupat,” ujar dr. Nelya Sasmita Kepala UPTD Pukesmas Teluk Lecah di Ruang Kerjanya, Senin (13/04 2020).

“Sejauh ini, berdasarkan hasil pelaksanaan cek kesehatan di lingkup wilayah kerja UPTD Puskesmas Teluk Lecah, pihaknya belum menemukan pasien yang terpapar mengidap covid-19 yang mematikan ini,” ungkapnya.

Lanjutnya, dr. Nelya Sasmita, dalam pelayanan menjelaskan,” biasanya kami kepada pasien melakukan cek suhu dan darah terlebih dahulu, serta dilihat dari riwayat si pasien itu sendiri, terutama pasien yang pulang dari luar negeri itu sangat dikhawatirkan. Tapi untuk sementara ini ada pasien yang pulang dari luar negeri. Alhamdulillah di Kecamatan Rupat tidak ada yang terserang wabah virus covid-19 tersebut. Hanya Orang Dalam Pengawasan (ODP), Walaupun banyak pasien yang datang itu hanya sekedar flu dan demam biasa yang diakibatkan dari perubahan cuaca saja,” jelasnya.

Ditanya terkait, desa mana yang paling banyak terdampak wabah covid-19, Orang Dalam Pengawasan (ODP), Dr. Nelya Sasmita, Mengungkapkan Desa Sungai Cingam lebih kurang berkisar, 30 Orang Dalam Pengawasan, dikarenakan baru pulang dari Malaysia, Karena warganya banyak yang berkerja di negara tetangga,” sambungnya.

Di tempat berbeda, Kades Sungai Cingam Jamil, S.Pd ketika ditemui nuansarealitanews.com di rumahnya, Senin (13/04 2020) mengatakan,” terkait warganya baru pulang dari Malaysia, atau orang dalam pengawasan (ODP), sekarang ada berkisar 13 orang, itupun mereka kita suruh di rumah saja, sudah kita amankan agar tidak kumpul sama keluarganya, dan kita berikan bantuan sembako,” ucap Kades.

Pihak pukesmas Teluk Lecah, cakupan wilayah kerjanya ada 10 desa, menghimbau warga desa mulai dari Sri Tanjung sampai Desa Makeruh, Kecamatan Rupat agar membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat untuk mencegah masuknya wabah covid-19.

“Kita harus berjaga-jaga jangan sampai tertular oleh virus tersebut. Kami sudah memberikan himbauan kepada 10 desa wilayah kerja kami, yang ada di Kecamatan Rupat agar tetap waspada dan kami tetap siaga untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Diharapkan semoga virus corona cepat berlalu, juga kepada masyarakat 10 desa, jangan resah dan panik, kita tetap berupaya melakukan langkah-langkah pencegahan,” tutupnya.

Wadah Forum Wartawan Rupat (FORWA-RUPAT), berperan aktif, gugus depan melawan wabah virus Covid-19, Sselaku kontrol sosial, yang sering viral, menanyangkan berita untuk kepentingan publik mengaku bersyukur di Kecamatan Rupat, belum ditemukan warga yang positif covid-19.

“Alhamdulillah bukan hanya di 10 desa yang wilayah kerja pukesmas Teluk Lecah saja, tetapi di Kecamatan Rupat, bahwa covid-19 itu tidak ada, yang mengidap,” pungkasnya.

Pihaknya Pukesmas Teluk Lecah juga menganjurkan masyarakat menerapkan pola hidup sehat dan bersih untuk mencegah corona, diantaranya, jangan lupa membiasakan cuci tangan, penggunaan masker oleh penderita atau yang sakit, karena yang sakit itu bisa menyebarkan penyakit.

“Bagi kita yang sehat agar membiasakan cuci tangan. Kita juga menghimbau warga bersama-sama menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit,” tandasnya. (Sunardi)