Gelar Bhakti Sosial, RBB Bagikan 700 Paket Sembako

Spread the love

Nuansarealitanews.com, Tanjungpunang – Pengurus Rumpun Batak Bersatu (RBB) Kota Tanjungpinang menggelar bakti sosial dengan membagikan sembako sebanyak 700 paket kepada warga yang terdampak wabah virus Korona (Covid-19), Sabtu (2/5) di parkiran Swalayan Pinang Lestari Batu 11, Tanjungpinang.

Penyerahan secara simbolis dilakukan Ketua Umum RBB Tanjungpinang Sanggam Simamora SE, MM didampingi pengurus lainnya kepada 35 perwakilan termasuk 28 ketua komisariat atau Ketua STM Parsahutaon.

Sanggam mengatakan, bakti sosial kali ini merupakan wujud kepedulian organisasi kepada anggota yang terdampak Covid-19.

Sanggam berharap bantuan ini bisa meringankan sedikit beban para anggota yang saat ini mengalami kesulitan atau dampak ekonomi. “Kondisi saat ini, saya tahu banyak anggota kita yang kesulitan. Kami memahami situasi ini tidak bisa bisa dihindari. Oleh sebab itu kita buat kegiatan berbagi kepada sesama anggota. Semoga ini bermanfaat bagi kita semua,” ujar Sanggam.

Pria kelahiran Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumut ini juga mengajak seluruh anggota dan pengurus untuk sama-sama berdoa agar wabah ini segera berlalu. Sehingga masyarakat bisa melakukan aktivitas seperti semula.

“Kiranya Tuhan senantiasa menyertai kita dalam melewati masa-masa sulit ini. Ini cobaan berat yang harus kita jalani. Tetap semangat dan saling membantu antarsesama,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam ini.

Ketua Panitia Bakti Sosial RBB Tanjungpinang, dr Anthoni Simatupang mengatakan, 700 paket bantuan masing-masing berisi beras, minyak goreng, gula, telur dan mie instan.

Paket sembako itu diberikan kepada warga yang benar-benar terdampak Covid-19. Panitia sebelumnya sudah melakukan pengecekan atau koordinasi terlebih dahulu agar yang menerima benar-benar tepat sasaran.

“Mereka yang mendapat bantuan telah diseleksi terlebih dahulu oleh panitia yang bekerja sama dengan ketua komisariat di wilayah masing-masing,” kata Anthoni.

Anthoni menambahkan, pembagian sembako juga dilakukan secara proporsional. Anggota yang telah dipilih untuk menerima paket sembako tersebut merupakan usulan prioritas dari lima puak Batak yang tergabung dalam wadah organisasi RBB. Adapun kelima puak Batak yakni, Puak Toba, Puak Mandailing, Puak Simalungun, Puak Karo dan Puak Pakpak.

“Usulan lima puak dalam wadah organisasi RBB sudah kami akomodir secara proporsional. Inilah bantuan yang bisa kami berikan. Mudah-mudahan bermanfaat,” ujar dokter yang sehari-hari bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Thabib (RSUD RAT) Provinsi Kepri, Batu 8 Tanjungpinang tersebut.

Santo Lubis, salah seorang Ketua Komisariat daerah Bintan Center, Tanjungpinang Timur, mengapresiasi bakti sosial RBB ini. Di tengah kondisi sulitnya ekonomi anggota akibat dampak pandemi ini, Ketua RBB dan pengurus langsung peduli dan mau berbagi melalui bantuan dalam bentuk sembako.

“Niat mereka sangat mulia. Kegiatan ini patut kita hargai. Sebagai warga Batak, saya sangat bangga atas kepedulian ketua RBB dan pengurus membuat kegiatan seperti ini,” kata Santo Lubis.

Ia berharap kegiatan bakti sosial seperti ini bisa menjadi inspirasi bagi warga Batak lainnya di Tanjungpinang, sehingga tergerak hatinya untuk ikut membantu sesama.

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini akan diikuti oleh warga Batak lainnya, yang hidupnya lebih mapan. Bentuk kegiatannya bisa seperti ini, atau bisa juga dibuat dalam konsep lain. Intinya, mereka mau berbagi kepada sesama anggota RBB yang pantas untuk dibantu,” sebut Santo Lubis.

Kegiatan tersebut dikawal oleh Babinsa Kelurahan Pinang Kencana Serka Jasman dan Bhabinkamtinmas Brigpol Gafur.

Kepada seluruh ketua yang hadir yang menerima bantuan secara simbolis dan pemegang kupon untuk anggota parsahutaon serta lansia sebelumnya sudah diminta menaati protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker sesuai arahan dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Hadir saat itu, Ketua Harian RBB, S.O.Simangunson. Sekjen RBB, Henri Gultom. Bendahara RBB, Henri Sianipar. Ketua Pemuda RBB, Wijaya Siringoringo. Lima Ketua Puak Suku Batak se-Tanjungpinang dan perwakilan Ketua Parsahutaon se-Tanjungpinang yaitu 28 kumpulan.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum RBB Tanjungpinang Sanggam Simamora menghimbau agar seluruh pengurus dan anggota RBB selalu menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan sesering mungkin apabila bepergian, tidak berkumpul-kumpul, tidak membuat kegiatan yang mengundang keramaian, menjaga kesehatan, rajin olahraga.

(simon.STp)