Gugus Tugas Covid 19 Tanggamus Bagikan Bantuan Telur Bagi Ibu Hamil Prasejahtera

Spread the love

TANGGAMUS | NUANSAREALITANEWS.COM,-Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani selaku Ketua Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Tanggamus, membagikan bantuan secara simbolis berupa telur kepada ibu hamil dari keluarga pra sejahtera di Kabupaten Tanggamus, yang ditempatkan di Puskesmas Kecamatan Pugung, Senin (4/5/20).

Turut mendampingi Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto dan Dandim 0424 Tanggamus Letkol Inf Arman Aris Sallo, selaku Wakil Ketua Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Tanggamus, Staf Ahli Bupati Bidang SDM Firman Rani, sejumlah Kepala OPD, serta Camat dan Uspika Kecamatan Pugung.

Bupati dalam menyampaikan, bantuan yang diberikan merupakan CSR (Corporate Social Responsibility) dari perusahaan yang ada di Kabupaten Tanggamus, yang sebelumnya diserahkan kepada Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Tanggamus.

Bantuan tersebut akan diberikan kepada 2.240 orang ibu hamil, yang akan disalurkan melalui Puskemas dan Kecamatan. Dengan jumlah telur 10 butir untuk masing masing penerima.

“Bantuan diberikan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil. Yang mana dalam situasi dan kondisi pandemi Virus Corona ini, berdampak bagi semua lapisan. Namun disisi lain kecukupan gizi yang seimbang khususnya bagi ibu hamil harus menjadi perhatian.”

“Jangan sampai nantinya Virus Corona ini dapat kita tangani dan berakhir, justru timbul persoalan baru, yakni tidak tercukupinya gizi bagi ibu hamil, sehingga berakibat juga pada janin yang dikandungnya. Bahkan tidak hanya ibu hamil, anak balita juga kita akan berikan bantuan,” kata Bupati yang akrab disapa Bunda Dewi ini.

Bunda Dewi menerangkan bantuan akan diberikan secara bertahap kepada ibu hamil pra sejahtera yang ada di Kabupaten Tanggamus.

“Untuk jumlah keseluruhan ibu hamil di Kabupaten Tanggamus berjumlah 5.023. Namun yang kita prioritaskan untuk mendapat bantuan dengan kategori ibu hamil pra sejahtera berjumlah 2.240. Kita inginkan janin yang dikandung tercukupi gizinya, serta ibunya sehat, dan bantuan ini akan kita berikan kepada ibu-ibu hamil secara bertahap,” terangnya.

Bunda Dewi menambahkan, Gugus Tugas juga akan memberikan bantuan makanan tambahan berupa kacang hijau untuk anak balita.

“Karena jangan sampai adanya pandemi Covid 19 ini, anak balita kita luput dari pantauan. Semoga kita semua selalu diberikan kesabaran dalam menghadapi Covid 19, dan semoga wabah ini cepat berlalu,” harapnya.

Lebih lanjut Bunda Dewi menyampaikan bahwa Kabupaten Tanggamus adalah enam dari wilayah Provinsi Lampung yang tidak terkena Covid 19. Untuk itu dirinya berharap agar masyarakat terus menerapkan Protokol kesehatan (pakai masker, jaga jarak, tidak berkerumun dan selalu cuci tangan pakai sabun).

Beliau juga meminta Satuan Gugus Tugas Covid 19 dari tingkat Pekon, melakukan pencegahan agar Kabupaten Tanggamus akan selalu aman dan terhindar dari Virus Corona.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat, menjelaskan terhitung mulai besok seluruh bantuan telur bagi ibu hamil pra sejahtera sudah dapat diambil oleh masing-masing Puskesmas di Dinas Kesehatan, selanjutnya diberikan kepada penerima bantuan yang telah masuk dalam pendataan. (Hasbuna)