Kembali, Pemuda Pancasila Kota Bandung Giat Peduli Kemanusiaan Di Tengah Pandemi

Spread the love

BANDUNG | NUANSAREALITANEWS.COM,-Memasuki rangkaian ketiga percepatan penanganan covid-19 gugus tugas Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kota Bandung, kali ini terfokus pada area Bandung timur, antara lain Kecamatan Buah batu, Rancasari, Gedebage, Cinambo, Ujung Berung serta Cibiru, Minggu, (20/6/20).

Aksi sosial kemanusiaan yang terselenggara atas kerjasama Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila, Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Indika Foundation, serta didukung oleh Kideco serta Petrosea ini terfokus pada pembagian paket sembako, penyemprotan disinfektan indoor dan outdoor, pembagian hand sanitizer dan vitamin c, pembagian sabun cuci tangan ke kantor instansi pemerintahan dan tempat-tempat peribadatan, bantuan APD pada beberapa Puskesmas, pemasangan stiker, spanduk dan baliho hidup sehat dan bergotong royong mengahadapi pandemi covid-19.

Tim relawan yang mulai bergerak dari posko gugus tugas cabang Pemuda Pancasila Kota Bandung di kawasan dago, tepatnya jl. ir. h juanda no. 37 berangkat dengan penuh semangat dan tidak pernah lupa untuk selalu mengedepankan protokol kesehatan seperti pemakaian masker, sarung tangan serta jaga jarak, tidak lupa brifing kecil serta pembacaan doa dilakukan sebelum tim relawan pergi bertugas.

Pemuda Pancasila Kota Bandung selalu hadir dalam setiap aksi kemanusiaan, kepedulian terhadap mitigasi dan penanggulangan bencana tidak lepas dari sepak terjang Ketua Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kota Bandung  Ir. Yayan Suherlan yang selalu aktif dalam menelurkan program-program lingkungan dan kebencanaan antara lain seperti pengolahan dan pengelolaan sampah organik maupun an-organik, penanaman pohon bambu sebagai penyedia oksigen, penahan erosi dan cadangan air tanah, pembuatan trap trash di sungai-sungai guna meminimalisir potensi banjir, pembentukan tim rescue yang dibekali dengan pengetahuan pembuatan infrastruktur dan jembatan bambu, jaringan listrik dan air mandiri, membangun jaringan-jaringan distribusi logistik di daerah penyangga, serta program Ketahanan Pangan Rakyat.

Melihat semua itu, tidak heran jika Pemuda Pancasila Kota Bandung selalu aktif dalam hal penanggulangan bencana, seperti yang terjadi saat ini ketika Bangsa Indonesia termasuk yang terdampak oleh pandemi global covid-19. tim relawan yang terbagi menjadi tiga kelompok, bahu membahu tanpa kenal lelah, bergerak bersama seiring seirama dalam harmoni kekompakan dan satu kesatuan.

Ketua gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kota Bandung Rizky Yanuar yang selalu hadir dalam setiap pergerakan tim mengatakan bahwa dalam penanganan pandemi covid-19 ini dibutuhkan kerjasama semua elemen, baik pemerintahan, korporasi, organisasi sosial kemasyarakatan, badan amal serta seluruh lapisan masyarakat. yang harus kita waspadai adalah apakah pandemi covid-19 ini memasuki bagan akhir atau mungkin malah sebagai awal dari potensi bencana lainnya imbuh Rizky.

Rizky juga sangat menyayangkan hal yang terjadi di tengah masyarakat akhir-akhir ini. ketika pemerintah mengeluarkan kebijakan, ada kelompok masyarakat yang menentang dan mengkritisi, dan ada juga kelompok masyarakat yang mendukung, sehingga yang terjadi adalah saling adu argumen antara masyarakat dengan masyarakat yang mungkin dapat memicu konflik horizontal, padahal kita sebagai sesama anak bangsa yang berasal dari satu dan untuk satu kesatuan harusnya bersatu dan bergotong royong dalam menghadapi segala situasi apapun.

maka dari itu Rizky mengatakan bahwa Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila kota Bandung selalu siap menjadi penjembatan dan partner sekaligus mitra pembangunan yang tidak hanya mampu dan gagah dalam kuantitas tapi juga kualitas,”.

(Tim)

Berita Sebelumnya