Oknum ASN Ini Dinilai Enggan Melayani Publik

Spread the love

Bukittinggi, NuansaRealitanews.com–Merunut yang tercantum pada Undang-undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, dimana dalam Pasal 1 angka 5 yang menyatakan : “Pelaksana pelayanan publik yang selanjutnya disebut pelaksana, adalah pejabat, pegawai, petugas, dan setiap orang yang bekerja di dalam Organisasi Penyelenggara yang bertugas melaksanakan tindakan atau serangkaian tindakan pelayanan publik”. Maka, bisa dikatakan setiap pejabat adalah pelaksana pelayanan publik dan setiap pegawai (PNS) adalah pelaksana pelayanan publik sebagai mana mestinya.

Namun kadangkala ada saja para oknum pegawai (ASN) setempat yang seakan enggan untuk melayani publik dan berdalih kepada kepentingan dinasnya saja, bahkan senaja mengabaikan.

Hal demikian seperti yang terjadi di Dinas Sosial Kota Bukittinggi, Sumatera Barat Dimana ketika seorang awak media hendak berkunjung guna konfirmasi ke dinas itu untuk peliputan kegiatan yang ada di instansi tersebut, namun berdalih mementingkan pribadi lalu tamu diabaikan saja, Selasa (23/6/2020).

Seorang pegawai Dinsos Kota Bukittinggi ketika dipertanyakan terkait keberadaan sang Kadis oleh awak media, namun dengan enaknya dia menjawab, “Pak Kadis sedang ada rapat,” katanya dengan nada sengaja mengabaikan.

Seakan adanya sebuah rencana antara Kepala Dinas untuk mengabaikan tamu yang datang, terkhusus para awak media yang datang.

Untuk sementara, saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Sosial Bukittinggi, Linda mengatakan sedang sibuk untuk pergi menghadiri undangan ke Balai Kota, seraya mengabaikan pertanyaan wartawan tersebut sambil berjalan sambil tidak melayani pertanyaan tersebut.

Dalam keadaan menyimak dari persoalan tersebut, sudah selayaknya seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) hendaknya memprioritaskan pelayanan terhadap masyarakatnya, dan bukannya mengabaikan dan menyepelekan, hingga jadi sorotan miring di mata publik pada saat ini. ( Ham )

Berita Sebelumnya