Peletak Dasar Institusi Polri Kapolri Pertama, Raden Said Soekanto Bersama Jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia

Spread the love

SUMUT | NUANSAREALITANEWS.COM,-NAMANYA tak banyak diperbincangkan dalam narasi sejarah. Padahal Soekanto Tjokrodiatmodjo adalah kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) pertama sekaligus dengan masa jabatan terlama. Dia juga berperan penting dalam meletakan dasar bagi institusi Polri.

Pada 16 Januari 1950, Soekanto resmi diangkat sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia Serikat (RIS). Prosesi serah terima Kepolisian dari G. van Nes, kepala Dinas Polisi Umum Hindia Belanda, ke Soekanto berlangsung di Gedung Kementerian Dalam Negeri tiga hari kemudian. Memperingati Hut Bhayangkara berbagai Kegiatan yang akan dilakukan Kepolisian Republik Indonesia. Memperingati Masa Pembentukan tersebut Kita teringat Bahwa Kepolisian didirikan Pada Tanggal 1 Juli 1946 oleh Sukanto Tjokrodiatmodjo untuk menghadapi Masalah yang terjadi ditengah masyarakat dalam Kemerdekaan Republik Indonesia, berbagai Konflik yg terjadi dalam menjaga Keutuhan NKRI dan Kops Tribarata itu sendiri.

Kepolisian Negara Republik Indonesia (disingkat Polri) adalah Kepolisian Nasional di Indonesia, yang bertanggung jawab langsung di bawah Presiden. Polri mempunyai moto Rastra Sewakotama yang artinya Abdi Utama bagi Nusa Bangsa. Polri mengemban tugas-tugas kepolisian di seluruh wilayah Indonesia yaitu memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat;
1 menegakkan hukum; dan
2. memberikan perlindungan, pengayoman, dan
3. Pelayanan kepada masyarakat.
Polri dipimpin oleh seorang Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri).

Sejak tanggal 1 November 2019, jabatan Kapolri dipegang oleh Jenderal Pol. Idham Azis. Pada tanggal 17 Juli 2020 POLDA SUMATERA UTARA menyambut Hari Hut Bhayangkara ke 74 telah melakukan beberapa kegiatan terdiri terdiri :
1. Aksi Donor Darah diadakan di tiga tempat AULA SAT BRIMOB dan Polrestabes Medan, Sat Brimob Den B alamat Jl. KH.H Wahid Hasim kota Medan dimana KAPOLDA SUMUT mendonorkan darah beserta Anggota MAPOLDASU 345 Personil, kemudian memberikan Vitamin berupa Bubuk Kacang Hijau, Roti dan Telur Rebus untuk mengembalikan Stamina Pendonor.

2. POLWAN Polrez BELAWAN KOWAL mengadakan kegiatan membagikan 60 Paket Sembako diadakan di Jalan Pancing Perbatasan Kota Medan dan Kavupaten Deli Serdang Prov. Sumut.

3. KAMTIBMAS siaga dan melaksanakan Tugas secara Kondusif memperingati HUT BHAYANGKARA KE 74, Sehingga masyarakat menjadi Produktif. Tidak luput pula menyertakan Protokol Kesehatan menjelang NEW NORMAL.
Melalui Kegiatan ini Kapolda Sumut Bapak Martuani Sormin, SH, MH berharap semoga dengan diadakannya Kegiatan menyambut HUT BHAYANGKARA KE 74 dapat bermanfaat dan menolong Masyarakat yang sedang membutuhkan.

(Budi)

Related posts