Pembangunan Dana Desa Tahap I Pemdes Tambaksari

Spread the love

Ciamis, NR – Desa Tambaksari Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis, belum lama ini melaksanakan pembangunan Dana Desa tahap I. Dalam pembangunan itu ada sebagian yang telah selesai salah satunya adalah pekerjaan perataan tanah desa, TPT lapang desa lanjutan dan Padat Karya Tunai (PKT).

Sedangkan program yang masih dikerjakan adalah Platdeckerdan pengecoran jalan sodong. Ketua BPD dan PPK desa TambaksariNendo Dan Sartoyo kepada wartawan memaparkan, anggaran dana desa tahap I tersebut tidak hanya untuk pembangunan infrastruktur saja tapi sebagian untuk penanggulangan covid-19.

“Anggaran dana desa tahap I sebesar Rp.45.000.000 untuk padat karya tunai (PKT) lokasi pekerjaannya perataan lapang desa, dikerjakan oleh 6 dusun. Tiap dusun rata-rata perhari 15 orang. Sedangkan untuk upah per hari Rp.70.000 per orang,” ucap Nendo.

Sedangkan menurut Sartoyopekerjaan platdecker jalan pamahan dusun tambaksari menghabiskan anggaran Rp.8 juta dan jalan tersebut tembus menuju kantor desa tambaksari.

“sedangkan jalan terputus jembatannya rusak sejak tahun 2017 dan baru diperbaiki dari DD tahap I tahun 2020 sesuai rencana,”ujarnya.
Ditambahkan Sartoyo, pengalokasian dana desa tahap pertama dengan anggaran Rp.149 juta untuk infrastruktur membuat warga merasa terbantu. Pasalnya jalan tersebut kini sudah laik dilewati pejalan kaki ataupun kendaraan bermotor.

Masih kata sartoyo, sarana jalan tersebut merupakan impian seluruh warga dusun sodong. Kini dengan akses jalan yang bagus maka diharapkan tarap perekonomian warga pun akan meningkat.

“Alhamdulilah segala aspek pembangunan di Desa Tambaksari baik pisik maupun nonpisikberkat kerjasama yang baik dari semua pihak pembangunan dana desa tahap I,” tutur dia.

Salah seorang warga sekitar mengatakan pembangunan di desa tambaksari, merupakan bukti keseriusan pemerintahan desa untuk warganya. “Mudah-mudahan kedepanya akan dibangun menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya. (Iding S./Asep Dikdik).

Berita Sebelumnya