Pemerataan Pembagian Bansos di Desa Mekarmulya

Spread the love

Malangbong, NR – Dengan banyaknya bantuan pemerintah seperti Program Keluarga Harapan, Bantuan Pangan Non Tunai, Kartu Indonesia Pintar dan lain sebagainya, ditambah lagi setelah adanya bencana wabah pandemi Covid 19 dengan bantuan seperti Banprov, Bansos Dana Desa, dan bantuan dana gotong royong, dikhawatirkan salah sasaran.
Menurut keterangan Perangkat Desa Mekarmulya Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, supaya tidak terjadi salah sasaran, pihaknya telah mendata ulang penerima bantuan tersebut.

Dari kurang lebih 1.200 kepala keluarga, bahwa sebanyak 243 KK akan mendapat bantuan sebesar Rp600 ribu setiap bulannya. Akan tetapi setelah didata ulang ada sekitar 550 KK yang berhak mendapat bantuan tersebut.

Jubaedi Kasi Kesejahteraan Desa menuturkan, seluruh data tersebut telah direkap ulang dengan seksama. Dan angka 550 KK pun didapat setelah dikurangi dari warga yang berprofesi sebagai ASN atau pegawai negeri sipil.

“Kami memikirkan dampak baik dan buruknya untuk Desa Mekarmulya jika tidak didata ulang,” ujar Jubaedi.
Ia menambahkan, bahwa hasil musyawarah warga melalui RT, RW dan Kadus, menginginkan semua warga yang terdampak covid-19 mendapat bantuan yang sama. Hal itu guna menghindari kecemburuan sosial antar warga yang terdampak langsung.

”Tidak hanya pekerja serabutan, informal, buruh dan petani saja yang terdampak langsung covid-19. Tapi juga PNS dan pekerja formal pun telah terdampak. Jadi kami ingin semua kebagian bantuan dari pemerintah,” paparnya.
Masih kata Jubaedi, dari sekitar 1200 kepala keluarga yang berdomisili didesa Mekarmulya dikurangi PNS akan mendapat bantuan dari ADD. Dan sekitar 810 KK akan mendapat bantuan PKH dan BPNT sebesar Rp180 ribu akan mendapat BLT dari dana desa juga.

“Dana Desa yang dianggarkan untuk Bantuan Langsung Tunai setiap Bulan sekitar Rp145.800.000 dikali 3 bulan. Selain BLT tersebut ada juga bantuan berupa beras yang dianggarkan dari ADD sebesar Rp40 juta untuk kebutuhan pangan masyarakat,” pungkas dia. Budi Acek

Berita Sebelumnya