Penyaluran BLT ADD di Desa Campaka

Spread the love

Malangbong, NR – “Dana desa memang diperuntukan pembangunan demi kemajuan desa. Tapi dengan adanya musibah pandemi covid-19, desa menganggarkan 25% sampai 35% persen dari dana desa untuk bantuan langsung tunai,” ujar Kepala Desa Campaka Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Ade Kamaludin di kantornya, (27/05/2020).

Ditambahkan Ade, nominal Dana Desa yang akan disalurkan adalah sebesar Rp600 ribu yang akan dibagikan selama tiga bulan yaitu Mei, Juni dan Juli. “Adapun jumlah kepala keluarga (KK) yang mendapat bantuan adalah sebanyak 182 KK,” ujarnya.

Anggaran yang dikeluarkan, kata dia, kurang lebih Rp109.200.000 perbulan atau totoal sekitar Rp327.600.000 untuk tiga bulan. Selain itu Ade pun membagikan beras sebanyak 6.500 kg bagi warga yang terdampak langsung covid-19 atau corona.

“Bantuan itu sudah didistribusikan pada bulan Mei 2020. Bantuan tersebut dialokasikan dari dana (ADD) atau dana gotong royong yang diterima Desa Campaka sebesar Rp70.000.000 sesuai Surat Edaran Bupati Garut,” papar Ade.
Ade pun mengutarakan bahwa bantuan sosial bukan lah cara untuk memecahkan masalah pandemi covid-19, namun untuk mengadakan program-program yang berkaitan dengan pencegahan pandemi tersebut.

“Programnya ya sosialisasi kepada warga masyarakat untuk cuci tangan, menggunakan masker dan juga melakukan penyemprotan kerumah warga serta membagikan masker juga cairan disinfektan,” pungkasnya. (Ganjar, Ujang, Erik)

Related posts