Penyaluran Tahap 1 BLT-DD Desa Pancur Jaya Lancar

Spread the love

Nuansarealitanews.com -Desa Pancur Jaya Rupat – Dalam upaya membantu masyarakat yang terdampak dalam situasi Wabah COVID-19 saat ini, Pemerintah Desa Pancur Jaya kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahap 1 yang bersumber dari Dana Desa (DD), di Balai Pertemuan Desa. Jumat (29/05/2020) Pagi.

Sebanyak 113 Kepala Keluarga (KK) Desa Pancur Jaya Kecamatan Rupat mendapatkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT) – Dana Desa Secara simbolis, bantuan bagi masyarakat terdampak ekonomi akibat Covid-19 ini diserahkan langsung oleh Camat Rupat yang diwakili Oleh Refinor Sekretaris Camat, bersama Hasan Basri,ST Kepala desa pancur jaya, Kapolsek Rupat AKP, Syaidina Ali. SH, Kasi PMD Kecamatan Rupat Agafri S.E, M.Nurzan Ketua BPD, Iptu Wondo Susilo Bhabinsa dan Bripka Rio Asmar Bhabinkantibmas Pancur jaya.

Sistem penyaluran bantuan kepada warga Untuk menghindari Kerumunan dan penyebaran Covid 19 di wilayah desa, warga yang di undang hadir mengambil bantuan ini hanya perwakilan saja, dengan menjaga protokol kesehatan yakni mencucui tangan pakai sabun, menjaga jarak dan wajib menggunakan masker, sedangkan untuk penerima BLT DD lainnya diserahkan langsung melalui Kepala dusun bersama Ketua RT/RW dan anggota Tim Relawan Covid Desa dengan mendatangi rumah ke rumah.

Adapun dari 113 KK tersebut, secara rinci Hasan Basri dalam laporannya saat acara penyerahan bantuan secara simbolis tersebut mengatakan, “Jumlah penerima BLT Tahap I yang bersumber dari Dana Desa untuk Dusun I sebanyak 25 KPM, Dusun II sebanyak 30 KPM, Dusun III sebanyak 31 KPM dan untuk Dusun IV sebanyak 27 KPM dengan total Anggaran Sebesar Rp.67.800.000”, ujarnya.

“Penerima Bantuan Covid-19 BLT Tahap 1 yang bersumber dari dana desa pancur jaya merupakan daftar nama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sudah dilakukan pendataan oleh Tim Relawan Covid Desa dan telah di Verifikasi ulang di Kantor Camat Rupat, untuk memastikan bahwa penerima BLT- Dana Desa memang benar belum mendapatkan bantuan apaun baik dari Kabupaten maupun Pusat”.

‘Hasan Basri juga mengatakan “Jenis dan sumber bantuan yang masuk dari pemerintah kepada warga itu banyak, sehingga kami dari Pemerintah Desa yang bekerja sama dengan TKSK Kecamatan Rupat, Satgas Sembako Desa Pancur Jaya, Pendamping Desa dan Relawan Covid desa harus bekerja ekstra melakukan pendataan dan Verifikasi data agar tidak ada warga yang mendapatkan bantuan ganda. Karena jika terdapat keluarga penerima manfaat (KPM) yang menerima bantuan yang dari sumber dana yang sama, maka Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT)-DD harus segera dikembalikan ke rekening Kas Desa (RKD)”. tuturnya

Calon Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai Desa paling sedikit memenuhi criteria sebagai berikut, Keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili di desa pancur jaya, Tidak termasuk penerima Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Beras Otonom, Bantuan Sosial Tunai (BST), Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS) dan Kartu Pra Kerja.

Sementara itu, Camat rupat yang diwakili oleh Sekcam rupat mengucapkan “Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak Pemerintah Desa serta stakeholder yang telah bekerja keras dalam menyiapkan kegiatan pembagian penyaluran BLT-Dana Desa ini. “Kami berharap BLT-Dana Desa yang diterima, tepat sasaran dan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” ujarnya.

Kapolsek Rupat dalam kesempatannya “Saya minta agar masyarakat tetap tenang dan tidak menimbulkan kegaduhan dalam menyikapi bantuan BLT yang tersalur melalui dana desa ini. Ini merupakan komitmen pemerintah untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat melalui dana desa yang diperuntukkan bagi warga yang memang betul-betul membutuhkan akibat wabah pandemi Covid-19.

Usai Penyaluran simbolis di balai desa, Kades Pancur Jaya langsung ikut memantau penyaluran bantuan paket sembako dan Penyaluran BLT-Dana Desa di setiap dusun bersama Ketua BPD, Bhabin Kantibmas, Bhabinsa Pancur jaya, Kepala dusun, Rt/Rw, Relawan Covid-19 Desa, Alhamdulillah Kegiatan ini Berlangsung aman dan kondusif. (Sunardi)

Related posts