KEGIATAN PENYAMPAIAN ASPIRASI OLEH WARGA KELURAHAN TASSILILU KECAMATAN SINJAI BARAT KABUPATEN SINJAI

Spread the love

SINJAI | NUANSAREALITANEWS.COM,-Pada Hari Rabu tanggal 8 Juli 2020, Sekitar Jam 10.00 Wita telah berlangsung kegiatan Penyampaian Aspirasi Oleh perwakilan warga kelurahan Tassililu di Kantor Camat sinjai Barat dengan Penanggung Jawab / Korlap ANDI HAWWANG.

Hadir Dalam Kegiatan Tersebut Yakni

1. Camat Sinjai Barat ANDI PARIS. A. Ks
2. Kabag OPS Polres Sinjai KOMPOL AMRAN AMIN
3. Kapolsek Sinjai Barat AKP KASRI. SH
4. Danramil Sinjai Barat LETTU INF. BAHARUDDIN
5. Lurah Tassililu ANDI NASRUN. S. Ip
6. Kepala KUA Sinjai Barat BAKRI, S. Ag

Adapun tuntutannya Yakni :

1. Tentang MTQ Ke-4 tingkat Kabupaten Sinjai Tanggal 03 Maret 2020, rumah A. Hawang di booking dapur umum eleh inisal HSRW staff Kelurahan Tassililu dan pemondokan Dewan Hakim oleh panitia. Tapi, sampai hari ini belum ada transaksi pembayaran sedikit pun.

2. Pembagian BANSOS Covid-19 tidak tepat sasaran Karena fakta dilapangan, ada yang diutamakan di tahap I dari kalangan pensiunan PNS, PNS, dan Janda-janda PNS, aparal-aparat kelurahan, orang-orang mampu (penerima BLT, BST)

3. Pelayanan aduan BANSOS Kabupaten dengan Nomor 085342414499 melakukan pemblokiran aduan A. Hawang pada tanggal 18-22 Juni 2020.

4. Adanya pungutan liar oleh salah satu staff kelurahan inisial HRN, sekarang staff kecamatan. Tahun 2015, surat pengantar tuntutan cerai ke Pengadilan Agama dimintai pembayaran sebesar Rp 500 000,- terbayar Rp. 300 000,- Tahun 2017, pelimpahan kasus perdata sawah ke Kecamatan oleh pihak Kelurahan dimintai pembayaran sebesar Rp 100.000,- terbayar

5. Menyalahfungsikan tempat Ibadah (Mushollah Nurul Arafah) oleh pihak aparat kelurahan.

6. Diskriminasi yang dilakukan oleh aparat Kelurahan terhadap PADNURAH (Pendidikan Al- Qur’an Dewasa Nurul Arafah) yang dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Urusan Agama dan Lurah Tassilitu pada tanggal 31 Januari 2020.

Adapun Tanggapan Camat Sinjai, Lurah Tassililu Barat dan Kepala KUA Yakni :

1. Terkait tentang MTQ Bahwa untuk masalah pemondokan para Kafila itu tidak ada biaya sama sekali dan ini murni kegiatan keagamaan jadi jika ada kata – kata boking itu keliru seba tidak ada sama sekali rumah yang di bayarkan, Namun jika sekiranya untuk ucapan terimakasih Camat Sinjai Barat siap untuk menyelesaikannya.

2. Terkait masalah BANSOS Lurah Tassililu menjelaskan bahwa sampai hari ini terkait tentang pendataan belum pernah pihak kelurahan melakukan pendataan jadi adapun yang layak atau bukan kami juga tidak ada hak untuk menggantinya, jadi kiranya untuk masalah BANSOS kiranyak langsung saja Dinas SOSIAL untuk lebih jelasnya.

3. Terkait maslah pungutan dijelaskan langsung oleh Pak. HARUN bahwa dirinya tidak melakukan pungutan liar dan apa yang di bayarkan pada saat itu sudah sesuai dengan aturan pada saat itu dan tidak ada sama sekali pungutan liar.

4.Terkait masalah diskriminasi dan Penyalahgunaan Mushollah kepala KUA Menjelaskan bahwa siapapun berhak menggunakan mushollah sepanjang itu digunakan dengan kebaikan dan tidak melenceng dari Agama, kemudian Peresmian PADNURAH (Pendidikan Al- Qur’an Dewasa Nurul Arafah) sampai saat ini kami tidak lakukan diskriminasi bahkan blangko peresmian sudah ada namun sampai saat ini kami belum menerima proposal dan Surat keputusan dari ketua panitia mesjid sehingga proses peresmian belum dilakukan.

Adapun Tanggapan dari Penanggung Jawab / Korlap ANDI HAWWANG Yakni :

1. Kami juga tidak menuntut untuk harus dibayarkan jika sekiranya itu dananya tidak ada namun kami juga meminta agar dikemudian hari dapat dijelaskn lebih awal.

2. Kami akan berupaya membuat aduan ke dinas Sosial terkait tuntutan kami,, dan kami meminta maaf jika sekiranya kami salah tanaggapan.

3. Saya selaku Penanggung Jawab / Korlap atas nama ANDI HAWWANG meminta maaf kepada pemerintah Camat, Lurah, Kepala KUA dan Unsur lainnya bahwa kami selama ini salag paham dan kurang mengerti dengan apa yang sebenarnya.

Kegiatan berlangsung Aman dan Tertib, dengan Pengamanan BKO Dari Polres Sinjai yang dipimpin Oleh Kabag OPS Polres Sinjai KOMPOL AMRAN AMIN, Polsek Sinjai Barat, Koramil Sinjai Barat.

(Said)