Pengurus Forum Generasi Berencana Periode 2020-2023 Resmi Dikukuhkan Bupati Tanggamus

Spread the love

KOTAAGUNG, nuansarealitanews.com ,-Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani kukuhkan pengurus forum generasi berencana (GenRe) Kabupaten Tanggamus periode 2020-2023, di taman wisata murah Indah, Kamis (9/7). Pengukuhan tersebut berdasarkan keputusan bupati Tanggamus nomor:232/32/08/2020.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, (PP, PA, DALDUK dan KB), Edison, Kabid Keluarga Sejahtera Pemberdayaan Keluarga dari Provinsi Lampung Hermina, Ketua Forum Genre Lampung Rizki Legowo, Kepala BNNK Tanggamus Kolbidi, Staf Ahli Bupati Firman, Kadis Kominfo Sabaruddin, Uspika Kecamatan, Para Pendamping/ guru siswa,serta Para pemateri.

Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, dalam sambutannya menyampaikan GenRe merupakan suatu wadah yang dikembangkan oleh BKKBN dalam rangka merespon permasalahan remaja saat ini, untuk penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus reproduksi.

“Para anggota GenRe diharapkan dapat membantu pemerintah didalam upaya pembentukan karakter bangsa dikalangan anak muda, bagi kami Pemkab Tanggamus, GenRe diharapkan menjadi wadah untuk mengembangkan karakter generasi muda diwilayah Tanggamus menjadi karakter yang berkualitas,”kata Bupati.

Bupati menambahkan, melalui program GenRe akan mengajarkan dan membawa remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah, dan Narkotika, Psikotropika, dan Zat-zat Adiktif (NAPZA), guna menjadi remaja yang tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

“Negara kita tengah menghadapi situasi darurat akhlak dan narkoba yang mengancam kelangsungan hidup generasi penerus bangsa, karena telah menimbulkan kerusakan bagi para pemakainya, narkoba telah menjadi musuh bersama yang wajib kita berantas,”terangnya.

Dalam kesempatan itu ia berharap kepada bapak/ibu selaku orang tua untuk memperhatikan dan peduli terhadap pergaulan anak anak, guna menghindari dari perbuatan serta tindakan yang negatif dan mengarah ke perbuatan tercela. Ia juga menyampaikan bahwa perang dari orang tua sangat diharapkan dalam upaya mewujudkan serta menciptakan generasi yang unggul dan kompeten menuju Indonesia emas 2045.

“Mengingat pentingnya tanggung jawab orang tua untuk mengasuh, membimbing, serta mendidik anak. Peran ini tidak boleh diabaikan oleh orang tua karena sangat menentukan arah hidup seorang anak dimasa depannya nanti, dengan adanya duta GenRe ini maka saya optimis generasi muda Tanggamus akan menjadi generasi yang kreatif dan inovatif serta generasi yang siap menyongsong masa depan, sebagai duta GenRe semoga kalian bisa berkreasi ditengah masyarakat, dan membawa keberkahan untuk generasi Tanggamus nantinya,”terangnya.

Selanjutnya Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan keluarga Hermina mengatakan dalam sambutannya, Program PKBR (penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja) merupakan salah satu upaya untuk membantu remaja agar memiliki pengetahuan, kesadaran sikap dan prilakukehidupan yang sehat dan bertanggung jawab.

“Kami sangat mengapresiasi keberadaan Forum Genre Tanggamus ini dan di kesempatan ini kami ingin menyampaikan penghargaan serta terima kasih sebesar – besarnya kepada para Pembina dan keluarga besar Forum Genre Tanggamus yang telah merespon positif program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana) khususnya Program PKBR melalui pengembangan PIK Remaja di Kabupaten Tanggamus yang kita cintai ini” Ujar Hermina.

Sementara itu, Kepala Dinas PP, PA, DALDUK dan KB, Edison, menerangkan bahwa GenRe merupakan suatu wadah generasi muda yang tergabung dalam beberapa sekolah di Kabupaten Tanggamus. Masih menurutnya masalah remaja yang timbul biasanya berkaitan dengan seksualitas, AIDS, penyalahgunaan NAPZA dan lain sebagainya dalam kondisi ini tentu membutuhkan penanganan serta informasi.

“Menyadari ini, BKKBN sebagai wakil pemerintah yang bertanggung jawab menjalankan program penyiapan kehidupan bagi remaja (PKBR) suatu program yang memfasilitasi remaja agar belajar memahami dan mempraktekkan prilaku hidup sehat, dan berakhlak untuk mencapai ketahanan remaja sebagai dasar mewujudkan generasi berencana,”paparnya.

Ia menambahkan, sasaran GenRe ialah remaja usia (10-24 tahun) dan belum menikah, mahasiswa, atau mahasiswi yang belum menikah, keluarga yang memiliki remaja serta masyarakat yang peduli terhadap remaja sebagai sasaran utama dari program GenRe harus masuk dan terlibat langsung dan memahami akan pentingnya tujuan dari program keluarga berencana (GenRe).

“Program PKBR, yang biasa kita sebut GenRe, merupakan program sebagai salah satu upaya untuk membantu remaja agar memiliki pengetahuan, kesadaran, sifat, dan perilaku kehidupan yang sehat dan bertanggung jawab serta pengetahuan yang luas sebagai remaja dengan pandangan jauh kedepan dan penuh perencanaan matang dalam menapaki masa depan, untuk mencapai tujuan diatas maka program GenRe dikembangkan dalam sejumlah materi yakni, Kesehatan Reproduksi Remaja, Life Skil, penyiapan kehidupan berkeluarga serta kependudukan dan pengembangan keluarga,”jelasnya.

Pembentukan Forum Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Tanggamus Periode 2020-2023 diantaranya terdiri dari
Penasehat: Bupati Tanggamus, Hj Dewi Handajani, Wakil Bupati Tanggamus, Sekretaris Daerah Tanggamus, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak, pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana,

Pembina, Sekretaris Dinas PP, PA, DALDUK dan KB, Kabid Kualitas Hidup Perempuan dan Keluarga, Kabid Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera, Kabid Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Ketua Forum GenRe Tanggamus Dandri Gandra Varna, Wakil Ketua Adella Yasinta, Sekretaris Ade Jiwa Pratama, serta Bendahara Adinda Putri Anasta yang terdiri dari beberapa bidang seperti bidang perencanaan dan pengembangan, bidang kerjasama, bidang data dan informasi, bidang Life Skil/minat dan bakat.(Hasbuna)