Randi : Gelar Sarjana Tidak Menjamin Kesuksesan

Spread the love

Oleh : Randi (Kontributor Sinjai)

Sinjai, 1 Juli 2020

Hal yang diinginkan setiap orang tua hanya ingin melihat anak anak nya sukses, agar kehidupan nya jauh lebih baik dari pada kehidupan sebelumnya.

Untuk memulai nya yah harus dimulai dari dunia pendidikan agar bisa jadi cerdas. Pendidikan pun tak tanggung-tanggung, bahkan sampai di tingkat yang paling tinggi, tapi bagaimana jika semua nya tidak sesuai ke inginan?

Kenyataan nya banyak orang punya pendidikan tinggi tapi tidak bisa jadi seperti yang diharapkan orang tua.
Teringat beberapa tahun lalu saat berbincang dengan sahabat mengenai masa depan setelah wisuda nanti, sontak keluar dari mulut salah satu sahabat, Sarjana itu tidak bisa menjamin kesuksesan “katanya” dengan berbagai penjelasan, masuk akal juga.

Di sisi lain muncul bahasa oleh salah satu staf lembaga kampus tempat ku menimbah ilmu, “jika sarjana tidak bisa menjamin kesuksesan lantas bagaimna yang tidak sarjana”?
Ke dua narasi itu masuk akal juga, tapi di sisi lain kejadian di lapangan banyak yang menjadi pengangguran setelah sarjana.

Orang yang mengalami pasti berfikir, apasih yang menjadi penyebab nya?
Ada yang berkata, salah jurusan ada juga yang berkata kuliah hanya untuk kelihatan keren, tidak ingin dikatakan pengangguran, jawaban seperti itu menurut ku jawaban yang menyakitkan.

Intinya, apa pun jurusan mu, terpaksa atau tidaknya, coba lah terimah dengan ikhlas, belajar bersungguh-sungguh, apa pun pekerjaan mu diterima dengan hati terbuka, percayalah bahwa tuhan punya jalan sendiri untuk umatnya.

Related posts