Seni di Taman Sehati

Spread the love

Oleh: Faisal Nugraha

Bandung, NR- Taman Kehati terletak di Desa Nagrog Kecamatan Cicalengka Kota Bandung Jawa Barat, lereng gunung dan belukar semak-semak menambah keindahan Desa tersebut, kendati demikian alunan musik gamelan dan juga kacapi membangunkan alam bawah sadar.

(26/07/2020)

 

 

UU RI 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup menyebutkan: “lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan perikehidupan, dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Di Taman Sehati kita dapat melihat realisasi masyarakat dalam hidup bernegara, berbudaya, dan ber-agama dengan budi pekerti luhur. Biasanya hari jum’at hingga sabtu pengurus Taman Sehati mengelola tanaman, dilanjut sabtu-minggu pengurus bergotong royong mengelola tempat wisata berikut juga pengunjungnya.

Awalnya kelompok seni Sunda yang anggotanya didominasi oleh alumni ISBI Bandung berlatih secara rutin dikediaman Fajar yang kerap disapa Apuy, namun salah satu dari anggota kelompok seni bernama Rizal Hadiwijaya meminta izin untuk dapat berlatih di Taman Sehati kepada kordinator sekaligus pimpinan pengurus Taman Sehati bernama Bapak Faisal.

Rizal pun menambahkan: “seniman di Cicalengka sangatlah banyak, namun mereka mendapati hambatan dalam ruang gerak khususnya fasilitas maka kami sangat bersyukur atas kebaikan pengurus Taman Sehati” ujarnya. Tidak hanya berhenti dalam wilayah kesenian, Izal mengindahkan kegiatan Taman Sehati dengan memberikan edukasi menyeduh kopi berkualiatas pada pengurus.

Dengan belajar pada alam jiwa kita akan lembut, dengan belajar seni jiwa kita sangat indah, Taman Sehati dan Juga Kelompok Seni telah memberikan kontribusi banyak pada negara dengan mekanisme simbiosis mutualisme, SDM berkualitas dan unggul dapat terlihat secara real di Taman Sehati Desa Nagrog; semoga hal ini dapat menjadi contoh bagi Desa lainnya.

(Darso)