Perikanan Bengkulu Utara Dilirik Kementerian Kelautan Dan Perikanan Atas Keberhasilan Membudidayakan Ikan

Spread the love

Bengkulu Utara, Nuansarealitanews.Com.-dalam membangun sinergitas pada pihak pemerintah provinsi hingga pusat Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara Bertujuan untuk menjadi kan masyarakat,berwawasan,mandiri, mampu meningkatkan perekonomian dan mempunyai daya saing dalam usaha, salah satu nya melalui program Dinas kelautan dan perikanan menjadi penunjang meningkatkan sumber penghasilan masyarakat dari sektor perikanan.
Bupati Bengkulu Utara H. Ir. Mian. Melalui kepala Dinas kelautan dan perikanan,Markisman,S.Pi.menjelaskan media saat ditemui di ruang kerja nya.

Kabupaten Bengkulu Utara saat ini menjadi pasar lokal terbesar di wilayah Provinsi Bengkulu dengan produksi ikan mencapai 15 sampai 20 Ton setiap malam,untuk meningkatkan hasil produksi agar nanti nya mampu bersaing di pasar dunia,pemerintah telah mengusulkan Dana Alokasi khusus (DAK)dari Kementerian kelautan dan perikanan tahun 2020,sudah di kucurkan untuk percontohan Budidaya Ikan Nila, Patin dan Lele yang dikelola 16 kelompok petani ikan yang tersebar di beberapa titik lokasi di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara.Kamis(30/07/2020).

“Kelompok tersebut berada diwilayah berbeda,Daerah kec.Padang Jaya.Kec. Ulu Palik.Kec.Tanjung Agung Palik. Kec.Ketahun, untuk pengembangan ikan kita sesuai kan dengan lokasi serta iklim wilayah, untuk ikan lele kita khusus kan daerah ketahun karna sulit sumber air,”lanjut Markisman.

Dijelaskan Markisman ada pun target pemerintah daerah kedepan dengan dikucurnya Dana tersebut sebagai paket percontohan untuk meningkatkan produksi, menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat sebagai kawasan minapolitan(kota ikan) Bengkulu Utara menjadi lumbung ikan yang kini di lirik oleh kementerian kelautan dan perikanan juga mempunyai Mitra penampung ikan antar provinsi bahkan pesanan negara lain untuk di jadikan bahan ekspor,Jelas markisman.

Markis menambahkan pemrintah juga akan mengarahkan petani ikan untuk bekerja sama dengan pihak koprasi dan Perusahaan Eveseris nanti nya akan memberi alat untuk membuat pakan otomatis sistem Aplikasi untuk mengatur waktu nya memberi umpan ikan untuk meringankan beban para petani.
“Untuk program kedepan pemerintah daerah melalui Dinas perikanan telah mengajukan kepemerintah pusat untuk budidaya ikan Lele, Berupa budidaya ikan Lele super intesip(BIOPLOK)dan akan terlesasi, 4 paket BIOPLOK 3 Lele 1 Nila, kedepan nya jangan takut berusaha di bidang perikanan Prospek kedepan nya terbuka lebar, “Tutup kadis perikanan, Markisman.(Haris)