Sosialisasi Pengawasan Bagi Pers, Media Dan LSM Se Kota Binjai Dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020

Spread the love

Binjai | Sumatera Utara | NR, –
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kota Binjai menggelar sosialisasi pengawasan bagi Insan Pers, Media dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) se- kota Binjai. Kegiatan tersebut terlaksana dalam rangka pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Binjai Tahun 2020, dan telah berlangsung selama 2 hari, dimulai Kemarin, Selasa 25 Agustus 2020, hingga hari ini Rabu 26 Agustus 2020, bertempat di Adella Convention Hall, Jati Karya, Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatera Utara.

Turut Hadir pada kegiatan Sosialisasi Pengawasan ini, Ketua Bawaslu kota Binjai Arie Nurwanto, Komisioner Bawaslu Divisi SDM Syainul Irwan, Komisioner Divisi Penindakan pelanggaran dan sengketa hukum Lailatus Sururiah, Ketua Jaringan Demokrasi Sumatera Utara Chaisal Andrio selaku Pembicara/Narasumber.

Ketua Bawaslu kota Binjai Arie Nurwanto membuka kegiatan sosialisasi pengawasan, dalam sambutannya dia menyampaikan bahwa pentingnya peran Media dan LSM perihal publikasi dalam pengawasan Pemilu. Sinergi dalam pengawasan Pilkada perlu ditingkatkan menjelang penyelenggaraan Pilkada Kota Binjai 2020 guna menciptakan Pilkada yang berkualitas.

”Jika pengawasan baik, maka tingkat pelanggaran bisa ditekan. Namun untuk menciptakan hal tersebut, sangat dibutuhkan peran pers dan LSM dalam pengawasan Pilkada kali ini. Pihak kami berharap agar kawan-kawan Pers dapat menjadi pemberi informasi awal kepada Bawaslu jika terdapat temuan atau pelanggaran. Kendati demikian, Bawaslu kota Binjai siap untuk menerima kritik dan saran dari kawan-kawan terkait kinerja dalam pengawasan penyelenggaraan Pilkada di kota Binjai,” tegasnya.

Kami (Bawaslu Kota Binjai) masih sambung Arie, ingin masyarakat tau bahwa Bawaslu Netral dan Tegas dalam pengawasan Pilkada tahun 2020 di Kota Binjai.

“Melalui kegiatan Sosialisasi Pengawasan ini, kami berharap agar insan Pers, Media, maupun LSM yang hadir pada hari ini dapat menyampaikan kepada masyarakat bahwa Bawaslu Netral dan akan tetap menanggapi semua laporan terkait pelanggaran Pilkada tahun 2020,” pungkas Arie.

Pada kegiatan Sosialisasi Pengawasan ini juga terdapat sesi tanya jawab seputar pelanggaran Pilkada, dan semua pertanyaan dapat dijawab oleh Komioner Bawaslu maupun Pembicara. Dari acara dimulai hingga selesai, kegiatan sosialisasi pengawasan Pilkada tahun 2020 di Kota Binjai tetap menggunakan protocol covid-19.
(Rangkuti/Red)