Tim STIK PTIK  Lakukan Penelitian Analisa Kinerja Bhabinkamtibmas Polres Karimun

Spread the love

Karimun, nuansarealitanews.com-Tim penelitian Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian/Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian ( STIK/ PTIK) melakukan kunjungan kerja ke Polres Karimun, Rabu (26/8-2020).

Tim STIK/ PTIK dipimpin oleh Kombes Pol. Drs.Bambang Wiji Puhojadi.MM bersama rombongan diterima langsung oleh Kapolres Karimun, AKBP.Muhammad Adenan AS.SH.S.IK.MH didampingi Pejabat Utama (PJU) Polres Karimun.

Setibanya di Polres Karimun, rombongan Tim STIK/ PTIK, menerapkan protokol kesehatan dengan melakukan pengecekan suhu tubuh dan diwajibkan menggunakan handsanitizer.

Usai melakukan pengecekan suhu tubuh, selanjutnya Tim melaksanakan kegiatan “Penelitian STIK PTIK T.A 2020 dalam rangka Analisa pembangunan kapasitas dan intervening terhadap kinerja Bhabinkamtibmas guna mendukung Harkamtibmas di wilayah hukum Polres Karimun.

Kegiatan ini dibuka oleh Kapolres Karimun, AKBP. Muhammad Adenan AS.SH.S.IK.MH, yang dihadiri oleh Pejabat Utama (PJU) Polres Karimun dan Perwakilan Bhabinkamtibmas dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

Penelitian dilaksanakan melalui metode pengisian quisioner terhadap para Bhabinkamtibmas dilanjutkan sesi wawancara dan pemaparan oleh tim STIK PTIK.

Ketua Tim Penelitian STIK/PTIK.Kombes Pol. Drs.Bambang Wiji Pujohadi.MM mengungkapkan, bahwa pihaknya datang ke Polres Karimun dalam rangka penelitian analisa pembangunan kapasitas dan intervening terhadap kinerja Bhabinkamtibmas, guna mendukung Harkamtibmas dampaknya terhadap kepercayaan masyarakat kepada Polri terutama dari para Bhabinkamtibmas yang berada di tengah-tengah masyarakat dengan warga binaannya.

“Tim Peneliti hadir di Polres Karimun dalam melaksanakan tugas dalam upaya melakukan analisa pembangunan kapasitas dan intervening terhadap kinerja Bhabinkamtibmas guna mendukung Harkamtibmas sehingga kepercayaan masyarakat kepada Polri,”ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Karimun, AKBP.Muhammad Adenan AS.SH.S.IK MH menyampaikan, bahwa peran dan fungsi Bhabinkamtibmas sangat penting, karena tugas para Bhabinkamtibmas bersentuhan langsung dengan masyarakat dengan kegiatan kunjungan / sambang kepada masyarakat untuk mendengarkan keluhan masyarakat tentang permasalahan Kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaiannya (problem solving).

“Selain itu Bhabinkamtibmas yang diharapkan oleh Polri mampu memberikan edukasi kepada masyarakat dan menjadi contoh tauladan bagi masyarakat serta mampu menyelesaikan permasalahan melalui Problem Solving sehingga harapannya masyarakat taat dan patuh hukum dalam menjaga lingkungan dan menjadi Polisi untuk dirinya sendiri sehingga terwujudnya kamtibmas yang mantap dan masyarakat produktif menuju Indonesia Maju,”ungkap Kapolres.

Sumber:Humas Polres Karimun.