Upacara HUT Kemri Ke-75 di Desa Siwalawa, Peserta Upacara Pakai Baju Tradisional

Spread the love

Nuansarealitanews.com, Nias Selatan – Desa Siwalawa, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan, dinilai lebih unik melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75 tahun 2020 karena peserta upacara dan tamu undangan memakai pakaian adat untuk melestarikan budaya sebagai warisan leluhur yang patut dibanggakan.

Upacara tersebut disambut baik oleh masyarakat dan berlangsung dengan aman, tertib dan lancar serta dalam cuaca yang sangat cerah, di halaman Desa Siwalawa, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, Senin (17/08).

Kepala Desa Siwalawa, Balazizokho Sarumaha,S.Pd., bertindak sebagai inspektur upacara dan Ketua BPD, Walaupun Sarumaha,S.Pd.,M.A.,M.I.P sebagai pembaca teks proklamasi.

Komandan upacara, Martin Sarumaha,S.Pd., selaku Kepala Dusun II, penggerek bendera, Yulius Sarumaha, Dinda Epusari Sarumaha dan Iman Sarumaha (siswa/i SMK Negeri 1 Fanayama), serta pembaca doa, Feit Sarumaha, Kepala Seksi Pemerintahan dan pembawa acara, Yunita Sari Sarumaha, Kepala Tata Usaha dan Umum.

Dalam sambutan Ketua BPD Siwalawa, Walaupun Sarumaha, mengapresiasi pemerintah Desa Siwalawa yang telah mempersiapkan dan melaksanakan seluruh rangkaian acara dengan baik.

“Pelaksanaan upacara ini adalah kali pertama dilaksanakan di Desa Siwalawa dan merupakan peristiwa yang bersejarah dimana pelaksanaannya tidak jauh beda dengan upacara tingkat pusat, provinsi, kabupaten dan kecamatan,” ujar Walaupun Sarumaha.

Sementara arahan dan bimbingan Kepala Desa Siwalawa, Balazizokho Sarumaha, menyatakan berhasilnya pelaksanaan upacara peringatan HUT kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020 tidak terlepas karena dukungan dan kerja sama BPD, Aparat Desa, pengurus TP PKK dan seluruh elemen masyarakat serta pihak-pihak terkait lainnya.

“Oleh karena itu atas nama pemerintahan Desa Siwalawa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan menyukseskan pelaksanaan acara. Segala kekurangan dan kelemahan kiranya dapat dimaklumi dan dimaafkan. Semoga acara seperti ini jauh lebih baik lagi di masa mendatang,” ucap Balazizokho Sarumaha.

Untuk menyemarakkan acara pada hari ini berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah desa diantaranya, lomba lari kelereng, vokal solo dan pidato tingkat anak-anak, dan lomba lari goni tingkat dewasa yang dikoordinir oleh Sekretaris Desa, Antonius Sarumaha,M.Pd. Serta tarik tambang dan joget balon yang dikoordinir oleh pengurus TP PKK Desa Siwalawa.

Turut hadir dalam acara peringatan HUT kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020 di Desa Siwalawa, antara lain: Kepala Desa, Balazizokho Sarumaha, Ketua BPD, Walaupun Sarumaha, Wakil Ketua dan Sekretaris BPD, Tanggapan Sarumaha dan Elovering Sarumaha, serta seluruh Anggota BPD Siwalawa.

Selain itu, Babinsa Serda TNI Omerianto Zagoto, mewakili Kepala UPTD Puskesmas Bawomataluo, Kepala UPTD SMK Negeri 1 Fanayama, Tanggapan Sarumaha,S.Pd., Kepala UPTD SD Negeri 071116 Siwalawa, Bungalan Sinurat,S.Pd.SD., Sekretaris Desa, Antonius Sarumaha, Kepala Seksi, Kepala Urusan, Kepala Dusun, Staf, pengelola BUMDes Humaga, Pengurus TP PKK diantaranya, Ketua Ny. Sri Silis Balazizokho Sarumaha, Wakil Ketua, Ny. Etilina Walaupun Sarumaha, serta Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Agama. (Riswan Gowasa)