Aliansi Mahasiswa Cimahi Mendatangi Dan Mempertanyakan Kinerja DPRD Kota Cimahi

Spread the love

Cimahi, NR- Kini giliran kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang disambangi Aliansi Mahasiswa Cimahi (AMC), untuk mempertanyakan beberapa hal tekait penanganan Covid-19, yang juga sebelumnya di pertanyakan kepada Pemkot Cimahi beberapa hari yang lalu.

Seperti, pengawasan yang dilakukan lembaga Legislatif terhadap percepatan penanganan Covid-19 di Kota Cimahi. Karena menurut Koorditor AMC, Robby Permana Putra RY, sejauh ini pengawasan yang dilakukan lembaga legislatif belum optimal.

“Kami sampaikan ini sebagai keluh kesah sekaligus cek and balance. Kami juga tadi dalam audiensi menekankan agar dewan yang terhormat mau terus mengawal dan mengawasi penaganan Covid-19.” Tandas Robby, usai pertemuannya dengan Komisi IV DPRD Kota Cimahi. Kamis (10/09/20).

Selain itu, kata Robby, ada beberapa yang disampaikan dalam audiensi tadi diantaranya, terkait pengawasan dan penindakan video viral terkait kegiatan yang dilakukan di kediaman Wali Kota Cimahi, bentuk sosialisasi yang dilakukan terkait Adaptasi Kebiasaan Baru, dan Distribusi Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat Kota Cimahi yang terdampak Covid-19.

Sementara, Lingga anggota AMC, menambahkan, jika selama penanganan Covid-19 di Kota Cimahi, pemuda yang semangatnya masih tinggi tidak banyak dilibatkan.

“Selama ini hasil aspirasi masyarakat mengeluhkan lemahnya fungsi pengawasan yang dilakukan oleh pihak DPRD kota Cimahi, sangat kontraproduktif terhadap situasi darurat seperti sekarang yang notabene membutuhkan kerja ekstra dari setiap stakeholder pemerintahan kota Cimahi khusus nya. Akibat lemahnya kinerja pihak legislatif itu terlihat dari segi penindakan terhadap pihak yang melanggar aturan selama pandemi hanya berupa sebuah ” teguran” saja”, ungkapnya.

Selain itu, ia juga menuntut kepada Wali Kota Ajay Priatna agar meminta permohonan maaf kepada masyarakat terkait video viral yang sudah beredar beberapa waktu yang lalu.

“Sebenarnya masyarakat hanya menuntut Pa Wali Kota meminta maaf, itu saja. Katakan itu salah jika salah, benar jika memang itu benar. Terserah mau lewat apa permohonan maaf itu, mau lewat media atau apa juga.”Cetus Lingga.

Dilain pihak, Ketua Komisi IV DPRD Kota Cimahi, Ayis Lavilianto menilai, kedatangan AMC ke DPRD sangat membantu DPRD untuk mengawasi penanganan Covid-19. Karena, kedatangan para mahasiswa tadi sudah memberi banyak informasi dilapangan.

“Kami tentu merasa terbantu dengan informasi yang disamapaikan oleh para mahasiswa tadi, karena kami tidak semuanya tahu. Tentu hal ini akan menjadi masukan buat kami.” Imbuh Ayis.

Kedepan pihaknya akan mengkomunikasikan dengan Satgas Covid-19 Kota Cimahi, terkait informasi yang tadi sudah disampaikan AMC. Ia berharap, dangan banyaknya informasi yang disampaikan masyarakat, tugas Satgas gugus tugas Covid-19 akan semakin baik.

“Karena kan indikator keberhasilan Satgas gugus tugas Covid-19 dilihat makin melambannya kasus. Minimalnya stagnan, tidak ada penambahan kasus. Lebih bagus tidak ada lagi ada kasus.” Pungkasnya.

(Dewa)