Kawasan Industri Menjadi Salah Satu Penyebab Penyebaran Covid19

Spread the love

Nuansarealita – Karawang
Penyebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Karawang masih terus terjadi. Klaster baru yaitu Klaster industri menjadi sumber salah satu kebanyakan pasien yang saat ini terkonfirmasi positif Covid-19 di Karawang.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang Yayuk Sri Rahayu mengatakankan “Hingga saat ini terdata ada 17 pabrik yang menjadi klaster penyebaran Covid-19. Sebagian besar pasien yang terdata konfirmasi positif berasal dari buruh yang bekerja di pabrik-pabrik yang menjadi klaster tersebut” kata Yayuk Sri Rahayu. (Rabu,09/09/20).

Yayuk pun menuturkan jumlah pasien konfirmasi positif saat ini di Karawang terdata sebanyak 143 orang. 93 orang di antaranya merupakan pekerja yang diperkirakan masih terus akan bertambah dan berkembang.

Ditambahkannya pula , Team Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang terus melakukan tracing dari pasien-pasien yang dinyatakan konfirmasi positif Covid-19 dan diharapkan penyebarannya bisa ditekan dan tidak meluas. Sementara para buruh yang terkonfirmasi positif yang membutuhkan perawatan lanjut dirawat di rumah sakit dan kami pun terus melakukan tracing Swab test pada keluarga kirbn yang positif terpapar Covid19″ tambahnya.

Ia pun meminta kepada pihak perusahaan agar mematuhi protokol kesehatan yang sudah dianjurkan pemerintah untuk menekan jumlah penyebaran Covid-19. Masyarakat khususnya pekerja ini juga diminta disiplin menjaga jarak, mengenakan masker dan rajin mencuci tangan agar tidak terpapar terutama di tempat kerjanya yang memiliki risiko tinggi.

“Harus komitmen semua mulai dari manajemen, karyawan harus menerapkan protokol kesehatan di tempat kerja, perusahaan dan juga diluar tempat kerja, secara ketat. Kalau ada riwayat perjalanan, atau kontak maka harus karantina dulu 14 hari,” pungkasnya. (Nung)