oleh

Pelaku Penipuan Berhasil Diamankan Satreskrim Polres Kapuas

Spread the love

Kapuas – Nuansarealitanews, Terduga pelaku penipuan yaitu HR (38) warga Jl. Jend. Sudirman Kel. Selat Hilir Kec. Selat Kab. Kapuas Prov. Kalteng, berhasil diamankan Satreskrim Polres Kapuas. Jumat (25/9/2020).

Saat dikonfirmasi pada hari selasa (29/9/2020) siang, Kapolres Kapuas AKBP Manang soebeti, S.I.K., M.Si. melalui Kasat Reskrim AKP Kristanto Situmeang, S.I.K.menyampaikan pihaknya menangkap pelaku atas laporan korban ES (40) warga Jalan Mahakam Kelurahan Selat Hulu Kecamatan selat Kab Kapuas, Kalteng.

Kejadian berawal pada hari jumat, (20/4/2018) sekitar pukul 12.00 WIB dirumah sebut saja sdr. SF Jl. Mahakam Kel. Selat Hulu Kec. Selat Kab. Kapuas Prov. Kalteng, saat itu pelaku mengunjungi korban untuk meminjam uang sebesar Rp. 215.000.000,- dengan jaminan surat sertifikat tanah yang diatasnya ada satu buah bangunan rumah.

“Pelaku menjanjikan akan mengembalikan uang tersebut kekorban pada tanggal (19/4/2019) namun sampai saat ini tidak ada itikat baik dari pelaku untuk membayarkan hutangnya” terang Kasat.

Setelah korban mencari tau, ditemukan tanah dan rumah jaminan dari pelaku sudah dijual ke orang lain dengan menduplikatkan surat-surat yang telah menjadi jaminan. Atas kejadian tersebut korban merasa tidak terima dan melaporkan perbuatan pelaku ke Sentra Pelayanan Kepolisian terpadu (SPKT) Polres Kapuas.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan petugas berupa satu buah sertifikat tanah, satu lembar kwintansi senilai Rp. 215.000.000,- satu surat perjanjian penitipan uang senilai Rp. 215.000.000,- dan satu buah surat perjanjian jual beli.

“Saat ini pelaku dan barang bukti sudah diamankan di Mapolres Kapuas, untuk proses pemeriksaan lebih lanjut. Dan atas perbuatan tersebut, pelaku dikenakan pasal 378 KUHPidana atas tindak pidana penipuan,” tutupnya.

(Ardianto/humas polres)

News Feed