oleh

Antisipasi Banjir, Pemkot Tangerang Siagakan 273 Unit Pompa Air

NuansaRealita.com -Pemerintah Kota Tangerang, Banten, menyiagakan setidaknya 273 unitpompa air untuk antisipasi banjir.

Semua ( pompa air) sudah kami persiapkan, antisipasi ini telah dilakukan setiap tahun,kata Wali Kota Tangerang, Arief Wismasyah, dalam keterangan tertulis, Selasa (12/010/20). Kita juga melakukan modifikasi beberapa pompa banjir sehingga kapasitasnya menjadi lebih besar, lebih egektif dan efisien.

Arief menjelaskan, selain pompa air, beberapa tandon air di titik yang dinyatakan berpotensi banjir sudah disiapkan. Pemerintah kota juga melakukan pengerukan lumpur di saluran dan sungai-sungai kecil yang berpotensi menghambat aliran air.

Dinas PUPR sedang melakukann pengerukan secara masif setiap saluran, embung dan kali, ada 15 lokasi embung dan kali sepanjang 1.500 meter, ujar Arief.

Dia juga meminta BadanPenanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang membuat standar operasional penanggulanganbencana banjir di masa pandemi Covid-19.

Nanti BPBD akan buat SOP-nya terkait antisipasi penanggulangan banjir di tengah pandemi. Sekaligus lakukan simulasi di titik-titik yang berpotensi banjir, kata dia.

Prakiraan potensi hujan pada Oktober 2020 hingga Desember 2020 yang diselenggarakan oleh BMKG Wilayah II, meliputi wilayah Provinsi Banten dan DKI Jakarta bergerak dimulai dari wilayah Lebak ke wilayah Pandeglang kemudian bergerak ke wilayah Utara di bulan Desember di wilayah Serang, Cilegon, Tangerang dan DKI Jakarta, pada umumnya mundur dibandingkan normalnya dengan Sifat Normal dan Atas Normal.

Puncak musim hujan Tahun 2020/2021 diprakirakan akan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2021. Kondisi tersebut didahului oleh musim Pancaroba (September – Nopember II) Musim Kemarau ke Musim Hujan dimana kerap terjadi Petir, Angin Kencang, curah hujan ekstrim dengan intensitas lebat selama 1 s/d 3 jam.

News Feed