oleh

Curah Hujan Tinggi, Warga Di Bantaran Sungai Ciputrahaji Cemaskan Abrasi Susulan

CIAMIS | NR| Beberapa hari ini intensitas curah hujan di wilayah Ciamis selatan khususnya Kec. Banjaranyar yang tinggi membuat sejumlah warga di Dusun Purwasari RT. 05 / RW. 04 Desa Cigayam yang berdekatan langsung dengan bantaran sungai merasa cemas. Kecemasan tersebut dikhawatirkan akan terjadi abrasi susulan pada tebing sungai Ciputrahaji.

Seperti yang dituturkan salah satu warga sekitar Ujang Heryadi (56), “saya merasa cemas setiap datangnya musim hujan, karena jarak sungai ke rumah saya semakin dekat kurang lebih 2 m lagi”. katanya.

Kami sudah melaporkan ke pihak Desa agar segera ditanggulangi, jika didiamkan terlalu lama tentu rumah saya akan hanyut” masih menurut Ujang di sekitaran sini kurang lebih, ada sekitar 6 rumah warga yang sudah mulai terancam.

Sekretaris Desa Cigayam Sutisna, S.Ag. saat dimintai keterangan di ruang kantornya menyampaikan “bahwa pihak Desa telah melaporkan kejadian bencana tersebut ke pihak Dinas terkait diantaranaya ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Ciamis yang diketahui oleh Camat Banjaranyar, Polsek Banjarsari dan Koramil Banjarsari”.
Persoalan ini. sudah kami tembuskan ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy guna percepatan penanganan, namun sampai saat ini dari pihak BBWS Cintanduy belum ada respon ucapnya Senin (19/10/2020).

Dari pantauan Media NR di lokasi kejadian, sudah terdapat berojong kawat sebanyak 30 buah yang diketahui bantuan dari Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Ciamis, namun kendala saat ini adalah perihal pengadaan batu belah untuk mengisi bronjong kawat tersebut. Kami berharap ke BBWS Citanduy untuk segera turun ke lokasi membantu untuk penanggulangannya pungkas Ujang. ( Agus centring )

News Feed