oleh

Kasat Lantas Polres Sinjai Tegas, Mau Punya SIM? Ikut Prosedur!

Spread the love

SINJAI | NR | SIM (Surat Izin Mengemudi) adalah salah satu kartu yang diterbitkan langsung oleh Polres masing-masing daerah, SIM pada dasarnya hal yang wajib dimiliki setiap pengendara, baik pengendara roda dua maupun pengendara roda empat dll. Namun begitu ada syarat dan prosedurnya ,tidak serta merta didapat begitu saja, akan tetapi, ada beberapa tahapan yang harus dilalui, diantaranya adalah pengambilan surat keterangan sehat dan keterangan pisikolog, serta mengisi formulir di atas meja yang sudah disediakan di ruang pengambilan SIM.

Sesuai arahan Kasat Lantas Polres Sinjai Bripka Supriadi, SH. mensosialisasikan tata cara pengambilan SIM di ruang tunggu, Jum’at (2/10/2020) dan menyampaikan kepada semua yang hadir, kepada masyarakat yang ingin mengambil SIM tentang tata cara pengurusan SIM. Setelah mengisi formulir lengkap, diarahkan untuk masuk ke ruang pendaftaran untuk mendapatkan no registrasi dan entri data kemudian masuk ke ruang foto dan sidik jari lengkap.

Hal ini dilakukan supaya konek dengan Capil dan ini nantinya mudah dideteksi jika ada pelanggaran yang kita buat, karena di dalam SIM sudah tertanam voucher, jadi setiap pelanggaran akan langsung tercatat. Tak hanya kepada masyarakat umum tetapi juga kepada petugas kepolisian, seperti saya, tuturnya.

“jadi adil kan? Ini untuk perpanjangan , tetapi bagi pemula ada syarat tambahan, yaitu harus mengikuti ujian visual dan dilanjutkan ujian praktek di halaman kantor , adapun tahan tes praktek nya :

1. Mampu mengendarai kendaraan selama delapan putaran tanpa menjatuhkan patok dan kaki juga tidak bisa menyentuh lantai.

2. Harus mampu melampaui jalur sirsak

3. Kecepatan 30/jam langsung ngerem mendadak.

4. Kecepatan 30km/jam belok kiri atau kanan

5. Kecepatan langsung berputar.

Itulah tahapan yang harus dilalui untuk mendapatkan SIM, jadi yang belum lulus bisa mengulang kembali,” pungkasnya.

(Said)

News Feed