Pemberdayaan Kampung Samsam Membina IRT Dalam Keterampilan Menjahit

Spread the love

SIAK | NR | Kandis, Kampung Samsam 5 Oktober 2020, Dalam memenuhi program dan meningkatkan pendapatan masyarakat, khusus ibu ibu rumah tangga yang ada di Kampung Samsam, Kepala Kampung Samsam Azam Munthe mengambil kebijakan dalam pengadaan mesin jahit yang berjumlah 30 unit alat mesin jahit dengan type manual merangkap elektronik.

Adapun dana dalam pengadaan mesin jahit ini bersumber dari Anggaran Dana Desa.

“Melalui musdus (musyawarah dusun) kita menghimbau agar peluang bagi ibu ibu yang ingin belajar dalam keterampilan menjahit, agar dapat hadir setiap hari, karena jadwal pelatihan diadakan dua kali sehari yaitu pagi jam 8.00 s/d 11.30 wib, sedangkan untuk sore hari jam 14.30 s/d 16.30 wib,” ujar Azam.

Dengan himbauan dan memberikan pengumuman, ibu ibu kampung Samsam antusias ikut serta pelatihan yang dibimbing oleh Afiar dari Pangkalan kerinci.

Dalam hal pelatihan ibu ibu yang ikut dalam pelatihan tidak dikenakan biaya apapun, semua ditanggung oleh Kampung Samsam termasuk semua alat praga menjahit sampai kain yang akan dijadikan pakaian,” terangnya.

Lebih lanjut Azam Munthe mengatakan ke awak media, saya sebagai kepala Kampung Samsam sangat mengharapkan agar masyarakat kampung samsam secara keseluruhan kalau bisa semua mandiri, agar bisa menambah daya ekonomis bagi keluarga masing masing. Apalagi dalam situasi covid 19 ini, kalau ada keterampilan yang bisa di jual ke pasar bisa menambah mata pencaharian, sehingga menambah pendapatan. Cetus kepala kampung.

Wawancara kepada salah satu peserta pelatihan, mengatakan bahwa program pelatihan keterampilan menjahit ini bagi kami sangat bermanfaat. Kami disini ada 30 orang ,mulai diadakan pelatihan pada hari kamis tanggal 1 oktober 2020 pas hari kesaktian pancasila. Sekalipun kami tidak ikut dalam upacara kesaktian pancasila, namun hati kami melekat pada NKRI dan pancasila sebagai dasar negara Republik indonesia,” ucapnya dengan semangat.

Dengan semangat, tenaga pengajar keterampilan menjahit bapak Afiar memberikan pengarahan yang akan di kerjakan, mulai dari menggunting alat ukuran baju yang akan di gunting sampai ke training menjahit kain yang akan dijadikan baju jenis wanita.

A. Napitupulu