oleh

Waspadai Bahaya Karhutla, Polsek Katingan Hilir Lakukan Patroli dan Sosialisasi ke Masyarakat

Spread the love

Katingan –Nuansarealitanews, Bhabinkamtibmas Polsek Katingan Hilir melaksanakan kegiatan Patroli kebakaran hutan dan lahan di jalan menuju Desa Petak Bahandang, Kab. Katingan, Kalteng, yang merupakan daerah rawan karhutla, Rabu (30/09/2020) siang.

Patroli sekaligus sosialisasi kepada masyarakat kali ini dilakukan oleh Bripka Etan bersama – sama dengan TNI, BPBD dan masyaarakat peduli api. Adapun jalur patroli ini meliputi perkebunan milik masyarakat setempat yang akan digunakan untuk bercocok tanam dan berada dipinggir Jalan Handiwung. Selanjutnya Bripka Etan memberikan sosialisasi kepada masyarakat didaerah tersebut agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah, S.I.K., M.H., melalui Kapolsek Katingan Hilir Iptu Eko Priono, S.H., M.H., menyampaikan sebagian besar wilayah Kecamatan Katingan Hilir adalah hutan gambut yang rawan terjadi karhutla, maka dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan diwilayah tersebut TNI-POLRI, BPBD dan masyarakat peduli api rutin melaksanakan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat terkait larangan membakar dan bahaya karhutla.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar dan juga mengingatkan kepada masyarakat yang sedang membersihkan lahan pekarangan rumah agar menjaga api agar tidak terjadi kebakaran, perhatikan juga saat membuat puntung rokok sebelum dibuang harus yakin bahwa sudah dipadamkan” jelas Kapolsek.

Kapolsek Katingan Hilir juga berpesan apabila masyarakat melihat atau menemukan orang yang dengan sengaja ataupun tidak dengan sengaja membakar hutan dan lahan, segera laporkan kepada aparat kepolisian agar dapat dengan cepat ditindak lanjuti.

(Ardianto/humas polres)

News Feed